Sona Maesana, Hipmi Jaya Menantang Era Industry 4.0

Yulistyo Pratomo
05 September 2018
Sona Maesana. (Ayooberita.com/Yulistyo Pratomo)
Share Via

Kemajuan teknologi membuat dunia terus berubah dengan cepat. Apalagi, saat ini seluruh dunia tengah menghadapi era industry 4.0 yang berarti semua pekerjaan akan bertransformasi menjadi digital.

Perubahan besar ini merupakan tantangan besar bagi semua orang, terutama kalangan pengusaha agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan industri. Industry 4.0 sendiri terkait dengan digitalisasi usaha, atau disebut juga sebagai internet of things.

Sona Maesana, selaku ketua umum BPC Hipmi Jakarta Selatan, menyadari betul pentingnya dunia usaha dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang sedang dihadapi dunia. Meski begitu, tidak sepenuhnya dunia usaha harus menggeser usahanya menjadi serba digital.

"Kita tidak boleh menutup mata, atau menutup pintu dengan adanya perkembangan teknologi. Justru menurut apapun usahanya, baik kecil maupun besar, sebenarnya bisa memanfaatkan atau mengadopsi teknologi yang ada," kata Sona dalam wawancara dengan Ayooberita.com, belum lama ini.

Perubahan secara digital ini bisa terlihat dari munculnya otomatisasi di setiap pabrik, keberadaan artificial intelligence yang sedang digandrungi banyak pengusaha. Alhasil, semuanya membutuhkan koneksi internet.

"Sebenarnya itu semua kan semata-mata untuk membuat perusahaan, khususnya di bidang usaha lebih efisien. Lebih efisiennya berarti usaha-usaha yang berbentuk pekerjan yang tadinya masih menggunakan sistem konvensional mungkin bisa di digitalisasi jadi lebih efisien dan bisa lebih cepat," papar Sona.

Berikut hasil wawawancara wartawan Ayooberita.com, Yulistyo Pratomo, dengan Sona Maesana yang juga CEO PT Satria Akasa Investama di kantornya.

Seperti apa sih tantangan yang sedang dihadapi oleh pengusaha di saat masuknya industry 4.0?

Jadi kalau misalnya kita bicara tentang industry 4.0, sekarang ini memang kaitannya dengan digitalisasi usaha. Ada yang menyebut internet of things, semuanya serba menggunakan internet, otomatisasi, artificial intelligence. Sebenarnya itu semua kan semata-mata untuk membuat perusahaan, khususnya di bidang usaha lebih efisien, lebih efisiennya berarti usaha-usaha yang berbentuk pekerjaan yang tadinya masih menggunakan sistem konvensional mungkin bisa di digitalisasi jadi lebih efisien dan bisa lebih cepat.

Nah kaitannya dengan ini, buat pengusaha atau dunia usaha sebaiknya, kita para pelaku usaha dari sektor kecil maupun besar sudah mulai memikirkan atau mendigitalisasi usahanya. Jadi bukan berarti kita harus bisnis IT, bukan. Tapi bisnis kita yang sudah berjalan sekarang kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk membuat perusahaan kita lebih efisien.

Tetapi tidak semua perusahaan bisa masuk ke digitalisasi, seperti retail, makanan atau beberapa bidang lainnya? Kira-kira ada upaya apa aja yang harus mereka lakukan agar tetap survive dalam menghadapi industry 4.0 ini?

Kalau kaitannya dengan 4.0, justru menurut saya kita tidak boleh menutup mata. Kalau menutup pintu dengan adanya perkembangan teknologi, justru menurut saya apapun usahanya, baik kecil maupun besar, sebenarnya bisa memanfaatkan atau mengadopsi teknologi yang ada, contohnya dengan adanya .... usaha kecil dan menengah, dari segi pembukuan pun sebenarnya mereka sudah memanfaatkan aplikasi-aplikasi, point of sales dan lain-lainnya untuk menunjang usahanya agar mereka dapat bersaing. Karena kalau semua masih menggunakan sistem konvensional, sudah pasti cost-nya besar, lalu dari waktunya akan semakin, lebih lama, tapi untuk mereka dapat bersaing kan.

Sekarang bukan yang kecil mengalahkan yang besar atau sebaliknya, tapi yang cepat mengalahkan yang lambat. Saya melihat kalau digitalisasi usaha atau adaptasi dunia usaha ini bisa membuat perusahaan bergerak lebih cepat untuk dapat bersaing, untuk dapat bertahan.

Investasi di Indonesia di bidang 4.0 ini sendiri sudah seberapa besar sih sebenarnya?

Kalau dari growth sudah lumayan tinggi, saya sempat baca riset tapi saya lupa dari mana tapi untuk e-commerce saja, industri bidang IT pertumbuhannya pesat. Terus growth-nya kalau enggak salah sampai dua digit, terus penggunanya, user-nya atau traffic-nya meningkat. Kalau di bidang IT-nya sendiri kalau sekarang sudah bertumbuh pesat ya sekarang. Untuk Indonesia ya.

Bagaimana cara Hipmi sendiri dalam mendorong pengusaha yang belum melek teknologi?

Kalau Hipmi sendiri, di Hipmi Jaya khususnya, kita pada saat yang lalu telah mengadakan diklatda yang dengan tema "para pengusaha muda untuk indonesia 4.0."

Jadi petama memang kita meng-encourage pengusaha-pengusaha muda baik itu anggota kita maupun pengusaha lainnya untuk melek teknologi, untuk mulai mengadaptasi, melek IT, atau perkembangan teknologi dalam usahanya. Jadi kita terus mendorong untuk para pengusaha muda untuk mereka dapat mencari informasi, mengetahui dan mengaplikasikan itu ke usahanya. dan itu terus kita lakukan sampai sekarang.

Bahkan kita pun juga di internal kita sendiri dengan kita menggunakan aplikasi sendiri untuk pendaftaran rekrutmen, lalu untuk database anggota, itu sekarang kita sudah mulai dan sudah melakukan itu, melakukan pengaplikasian teknologi. Jadi kita sudah mulai membiasakan dan mulai meng-ecourage teman-teman untuk bisa mengadaptasi teknologi.

Itu dari dukungan semua pihak?

Iya.

Sejauh ini apakah ada rintangan yang dihadapi Hipmi dalam mengedepankan kampanye Indonesia 4.0 ini sendiri agar bisa mempermudah bisnis mereka?

Kalau kesulitannya mungkin, kalau sharing dari ebebrapa temen memang mereka masih minim informasi atau memang mereka belum mencoba, mereka tidak yakin apakah itu pengaplikasian teknologi bisa menunjang bisnis mereka. Tapi sebagian besar, karena Hipmi ini sendirikan sekarang banyak didominasi juga oleh milenials, banyak perusahaan-perusahaan baru, UKM memang didirikan oleh anak-anak yang relatif muda usianya. Dan saya melihat mereka tidak menemui kesulitan dalam penggunaan teknologi, karena mereka sudah terbiasa dengan itu, dengan kehidupan sehari-hari mereka. Baik penggunaan aplikasi atau teknologi lainnya mereka sudah familiar. Jadi kalau saya lihat sendiri untuk anak muda sekarang, pengusaha-pengusaha muda di Hipmi mereka sudah cenderung cepat beradaptasi.

Dorongan usaha para millenial yang tertarik ke startup. Dari Hipmi bagaimana cara menggandeng mereka agar bisa memberikan sumbangsih terhadap negara seperti apa yang dilakukan?

Kalau bentuk kontribusi pengusaha muda di Indonesia sebetulnya sederhana sih, kalau mereka membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya, semakin bisnis mereka semakin besar, otomatis secara tidak langsung itu menyumbangkan pajak, dan dengan membuka lapangan pekerjaan berarti angka kemiskinan dan angka pengangguran akan semakin menurun dan itu secara tidak labgsung sudah berkontribusi untuk negara.

Lalu untuk teman-teman yang usahanya berorientasi pada ekspor, mereka bisa ekspor produknya keluar dan semakin tinggi semakin ekspornya juga akan membantu menyumbangkan devisa untuk negara. Sebenarnya dari dua hal itu aja belum dari hal lainnya itu bentuk kontribusi langsung dari pengusaha sih, dengan membuka lapangan pekerjaan dari pemerintah dengan mereka ekspor mereka menyumbangkan devisa juga buat negara.

Secara statistik di jakarat entreprenur masih kalah dari negara tetangga. Apa sih yang dilakukan milenial yang bisa jadi pengusaha sukses dan bisa menjadi bagian dari pembangunan ekonomi nasional?

Jadi saya tuh mengutip atau menggunakan istilah yang sering disampaikan ketum Hipmi, yaitu ketum Bahlil, bahwa pengusaha itu kan ada dua macam jenis, ada yang by nasib dan by nasab. Kalau dari dulu kan begitu. Kalau dia kepepet baru dia berusaha, apakah dia karena PHK atau kebutuhan lainnya dan karena memang lewat garis keturunan.

Tapi sekarang ini yang sedang motivasi pengusaha baru atau pengusaha pemula itu by design, jadi memang pengusaha ini dia calon pengusaha memang dia betul-betul mempelajari bagaimana berwirausaha yang baik dan benar. Contohnya, dia memang mengambil pendidikan di bisang kewirausahaan atau tentang bisnis, atau itu dari segi pendidikan formal, atau informal pun mereka belajar mengenai bagaimana cara marketing untuk suau produk, bagaimana cara menjual, bagaimana cara supply chain yang baik.

Jadi memang mereka mempelajari bagian-bagian atau ilmu-ilmu mengenai kewirausahawan atau bagaimana mereka mendirikan perusahaan. Yang kita dorong itu sebenarnya teman-teman calon pengusaha muda itu mereka belajar gitu, jadi usahanya enggak hanya mengandalkan nasib luck atau mengandalkan bisnis keturunan saja, tapi sebenarnya siapapun bisa berwirausaha asalkan mereka juga belajar tentang wirausaha itu sendiri.

Nah untuk menjawab pertanyaan tadi saya juga sangat menyarankan untuk teman-teman yang mau berwirausaha itu enggak sekadar tiba-tiba mulai, padahal sebenarnya itu bisa dipelajari. Kayak saya ini contohnya, mungkin bisa dibilang saya contoh pengusaha yang memang ada usaha yang saya teruskan, tetapi saya juga by design berwirausaha juga belajar, saya mengambil pendidikan kuliah saya itu juga tentang kewirausahaan.

Jadi memang saya akhirnya mempelajari bagaimana marketing, finance dan lain-lain, bagaimana supaya perusahaan itu bisa going global, secara tidak langsung itu juga membantu kinerja atau strategi perusahaan atau kemampuan analisa saya di bidang usaha yang saya jalankan, jadi saya mendorong temen-temen untuk menjadi pengusaha by design. Jadi enggak usah tunggu kepepet.

Jadi memang mereka mempelajari, atau belajar. Meskipun enggak dari awal, di tengah-tengah itu mereka terus belajar baik formal maupun nonformal. Banyak sharing, atau ikut komunitas di bidang wirausaha seperti Hipmi, mereka secara tidak langsung belajar informal kan, secara tidak langsung mereka akan menggali industri yang berbeda atau yang berkaitan dengan usaha mereka. Akhirnya mereka mempunyai ilmu pengetahuan tentang bisnis yang lebih jauh lagi. Nah itu yang juga saya atau kami selalu dorong temen-temen calon pengusaha itu untuk jadi pengusaha by design.

(TYO)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Jakarta - 16 November 2018 10:18:26 wib

Pembunuh Sekeluarga di Bekasi Ngaku Sering Dimarahi

HS akhirnya mengakui telah menghabisi keluarga Diperum Nainggolan di Bonjong Nangka, Pondok Melati, Bekasi. Penyidik Polda Metro Jaya mengungkap motif pembunuhan terhadap keluarga Diperum Nainggolan dilakukan HS karena
Hukum - 16 November 2018 09:32:02 wib

Keluarga Korban Lion Air JT 610 Gugat Boeing

Salah satu keluarga korban pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat pada akhir bulan lalu mengajukan gugatan terhadap Boeing Co di pengadilan di Chicago, Illinois, AS. Irianto, ayah
Jakarta - 15 November 2018 19:02:01 wib

Pengangguran Pembunuh Satu Keluarga di Bekasi Diringkus

Seorang pria penganguran berinisial HS diringkus polisi karena diduga sebagai pelaku pembunuhan satu keluarga di Bekasi, yang terjadi Selasa (13/11). HS ditangkap di kawasan Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat, saat akan
Perbankan - 15 November 2018 18:06:32 wib

Perbankan Kian Agresif Investasi Teknologi Informasi

Tranformasi digital menjadi alasan perbankan untuk meningkatkan investasi di bidang teknologi informasi. Pemerintah pun meyakini perubahan zaman adalah keniscayaan sehingga perlu secepatnya direspons oleh industri
Jakarta - 15 November 2018 15:44:53 wib

Pemprov DKI Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Pemprov DKI Jakarta menghapuskan denda pajak kendaraan bermotor (PKB) dan sanksi administrasi bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) atau yang dikenal dengan istilah pemutihan. Penghapusan ini mulai berlaku 15
Sehat - 15 November 2018 15:17:09 wib

Ingat, Hirup Polusi Udara Sebabkan Kegemukan

Polusi yang keluar dari asap mobil atau asap pabrik yang kita hirup sehari-hari sangat berbahaya bagi otak dan tubuh. Sudah banyak pembuktian ilmiah yang menunjukkan masyarakat yang tinggal di kota-kota dan terkena
Perbankan - 15 November 2018 14:59:40 wib

Menkeu: Perbankan Harus Melek Teknologi agar Tak Kayak Dinosaurus

Menteri Keuangan Sri Mulyani mendorong para pemimpin perusahaan perbankan untuk memahami perkembangan zaman di era digital. Sebab, sektor keuangan saat ini berada di garis depan untuk bisa menyerap dan mengakomodasi
Otomotif - 15 November 2018 14:45:34 wib

Motor Jawa Resmi Mengaspal di India

Jawa Motorcycles kembali berkiprah dalam bisnis, 22 tahun setelah tidak lagi produksi. Motor Jawa meluncurkan produk baru Jawa 45 berkapasitas 300cc dengan harga Rs 1,55 lakh atau sekitar Rp 31 juta. Ada tiga model yang
Teknologi - 15 November 2018 14:20:38 wib

Google Maps Miliki Fitur Mengirim Pesan

Google mempermudah pemilik usaha untuk mengaktifkan Profil Bisnis pada platform tersebut. Caranya melalui fitur baru di aplikasi peta Maps yaitu berkirim pesan. "Mengirim pesan ke akun bisnis membuat Anda tidak
Bursa - 15 November 2018 13:58:16 wib

2019: Tekanan Global Berkurang, Pasar Modal lebih Bergairah

Kondisi pasar modal Indonesia pada tahun 2019 akan lebih menarik sejalan dengan berkurangnya tekanan dari pasar global. Ada dua faktor yang menyebabkan kondisi pasar finansial dalam negeri akan kondusif. Yakni faktor
Sepakbola - 15 November 2018 13:49:54 wib

MU Terpuruk, Vidic Ingin Kembali

Pemain Gelandang Nemanja Vidic tidak puas dengan performa Manchester United (MU) yang kian terpuruk. Saat ini, Setan Merah, julukan MU, tercecer di papan tengah Liga Inggris. Pria berusia 37 tahun itu tak senang melihat
Teknologi - 15 November 2018 13:44:14 wib

HP Kenalkan Inovasi Baru untuk Pasar Asia Tenggara & Korsel

Perusahaan teknologi asal AS, HP Inc, menggelar kegiatan HP Home Planet 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia untuk memperkenalkan beragam inovasi baru kepada pasar Asia Tenggara dan Korea Selatan. VP President, Product
Balap - 15 November 2018 13:37:02 wib

MotoGP Valencia: Lorenzo Ingin Perpisahan Manis

Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo berharap dirinya bisa memberikan perpisahan yang manis untuk Ducati di seri terakhir MotoGP 2018, Valencia akhir pekan ini. Lorenzo resmi menyudahi kontrak dua tahun bersama Ducati pada
Kadin - 15 November 2018 09:31:51 wib

Kadin: Suku Bunga Pinjaman Tinggi Sulitkan Nelayan

Ketua Penasihat Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri mengingatkan suku bunga pinjaman yang tinggi dapat menyulitkan nelayan mengembangkan usahanya. "Tantangan
Perbankan - 14 November 2018 18:26:01 wib

Ketua Perbanas: Era Digital, Perbankan Penuh Tantangan

Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas), Kartika Wirjoatmodjo menilai perkembangan digitalisasi ekonomi memberikan tantangan bagi dunia perbankan. Maraknya layanan keuangan yang ditawarkan berbagai jasa
Olahraga Lainnya - 14 November 2018 17:50:39 wib

Petarung Bocah Tewas usia Tanding Muay Thai

Seorang bocah petarung Thailand berusia 13 tahun, Phetmongkol Por Peenapat, meninggal dunia setelah menderita pendarahan otak akibat bertanding Muay Thai pada Senin (12/11). Dilansir dari Bangkok Post, Rabu (14/11),
Jakarta - 14 November 2018 16:38:40 wib

Gubernur DKI Dituding Serobot Lahan KAI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah tudingan Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya bahwa pihaknya berselisih dengan PT Kereta Api Indonesia soal lahan di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Di tanah yang dikatakan
Sepakbola - 14 November 2018 16:17:49 wib

Bonaventura Nambah Daftar Panjang Pemain Pesakitan AC Milan

Gelandang tengah AC Milan Giacomo Bonaventura dilaporkan bakal absen selama tiga hingga lima bulan ke depan. Ini menambah daftar pemain pesakitan julukan Rosonerri. Menurut Sky Sport, Rabu (14/11) disadur Football
Sepakbola - 14 November 2018 15:48:54 wib

Indonesia dan Thailand Sama-sama Kalahkan Timor Leste

Timnas Indonesia dan Thailand memang sama-sama memetik kemenangan saat bertemu Timor Leste di Piala AFF 2018. Namun statistik pertandingan menjadi gambaran beratnya tantangan, yang bakal dihadapi Tim Merah Putih di
Hukum - 14 November 2018 15:43:04 wib

KPK Lelang 52 Barang Gratifikasi Secara Online

Kementerian Keuangan, khususnya Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) akan meluncurkan portal lelang online dengan domain lelang.go.id, Kamis (15/11) Di antara barang-barang yang ditampilkan di portal tersebut, ada
Bursa - 14 November 2018 15:05:04 wib

Saham Boeing Jatuh Dampak Lion Air JT 610 Kecelakaan

Saham Boeing Co. BA turun 2,1% setelah investor mencerna laporan Wall Street Journal bahwa produsen pesawat terbang di Amerika ini, diduga menahan informasi tentang potensi bahaya yang terkait dengan fitur kontrol
Sehat - 14 November 2018 14:51:57 wib

Rajin Minum Air Putih Jaga Kesehatan Ginjal

Rajin minum air putih dapat menjaga kesehatan ginjal, dan mencegah terjadinya penyakit batu ginjal.  Air putih punya kontribusi besar terhadap asupan cairan individu seluruh usia. Dengan cukup minum air putih,
Teknologi - 14 November 2018 14:40:31 wib

Spotify Dibenamkan dalam Apple Watch

Platform layanan musik streaming Spotify resmi dibenamkan dalam Apple Watch. Untuk dapat menggunakannya cukup memperbarui aplikasi Spotify di Iphone ke versi v.8.479, dan aplikasi tersebut akan muncul di arloji pintar
Jakarta - 14 November 2018 14:32:29 wib

Warga Jakarta Berharap Tarif MRT di Bawah Rp 10 Ribu

Sejumlah warga DKI Jakarta mengharapkan tarif tiket moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) yang terjangkau. Transportasi yang ditargetkan beroperasi Maret tahun depan diharapkan tarifnya antara Rp 5 ribu hingga Rp
Sepakbola - 14 November 2018 13:44:45 wib

Pogba Ngaku Betah di MU

  Dirumorkan bakal hengkang, nyatanya Paul Pogba bicara sebaliknya. Gelandang Prancis ini mengaku masih betah berseragam Manchester United (MU). “Saat kembali ke MU, itu adalah perasaan terbaik yang pernah
Teknologi - 14 November 2018 10:00:34 wib

Kurangi Stres dengan Batasi Penggunaan Media Sosial

Asyik seharian bermain dengan media sosial di layar gawai mungkin menyenangkan. Media sosial bak candu pelepas penat bagi kebanyakan orang. Namun, sejumlah penelitian mengkorelasikan penggunaan media sosial dengan
Olahraga Lainnya - 13 November 2018 16:19:20 wib

Daud Yordan: Hidup Tidak Selalu Mulus

Petinju Indonesia Daud 'Cino' Yordan mengungkapkan isi hatinya seusai dikalahkan Anthony Crolla dalam duel WBA Final Eliminator kelas ringan dunia di Manchester Arena, Sabtu (10/11) waktu setempat atau Minggu
Ayoo Memilih - 13 November 2018 16:15:26 wib

Whatsapp Awasi Hoaks saat Kampanye Pemilu di Indonesia

Platform media sosial percakapan Whatsapp meneliti hoaks atau kebohongan saat kampanye pemilihan umum (pemilu) di Indonesia. Whatsapp menggandeng peneliti dari Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia
Teknologi - 13 November 2018 15:14:43 wib

Apple Kantongi Paten Baru buat Headset

United States Patent and Trademark Office (USPTO) merilis dokumen paten yang didaftarkan Apple. Paten tersebut terkait metode penggunaan sensor proximity kapasitif guna menentukan penggunaan headset Apple dengan benar
Sepakbola - 13 November 2018 14:45:19 wib

Bek MU Keluhkan Masa Jeda Kompetisi Liga Inggris

Bek Manchester United (MU) Victor Lindelof menyesalkan kalender kompetisi. Dia berharap dapat langsung kembali memperkuat The Red Devils. Namun, Lindelof harus menunggu sekitar dua pekan sebelum MU menghadapi Crystal