Hipmi Jaya & Jakbar Ramaikan Talkshow Sukses dengan Francise Kekinian

Endy Purwanto
26 November 2018
Share Via

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jaya dan Jakarta Barat (Jakbar) meramaikan Info Franchise & Business Concept (IFBC) Expo 2018 di Balai Kartini, Jumat dengan menggelar Talkshow bertajuk Sukses dengan Francise Kekinian. Empat tokoh Hipmi juga pengusaha seksus mengisi talkshow dengan memaparkan keberhasilan bisnisnya sekaligus memberikan solusi juga menawarkan francise bisnisnya.

Mereka, Ketua Umum Hipmi Jakarta Raya (Jaya), Afifuddin Suhaeli Kalla, CEO Airmas Group Basuki Soerodjo juga Ketua Umum BPC Hipmi Jakarta Barat, CEO Makko Group Christopher Sebastian juga Ketua III Bidang Perdagangan Penindustrian & BUMN BPC Hipmi Jakbar  dan Owner Whats Up Cafe Valentino Ivan juga Ketua Bidang Koperasi & UKM BPC Hipmi Jakbar.

Ketua Umum Hipmi Jaya Afifuddin Suhaeli Kalla menjelaskan anggota Hipmi Jaya kini mencapai 4.000 anggota, dari jumlah itu ada 300 pengusaha muda sebagai anggota baru Hipmi setiap tahunnya. "Ini menunjukkan antusias generasi muda semakin banyak menjadi pengusaha muda, yang berkecimpung di bidang kuliner paling banyak, disusul pendidikan, jasa kecantikan dan bisnis retail," ungkapnya.

Selain itu, sambung Afi - panggilan akrabnya, anggota Hipmi kini mengalami banyak kemajuan dibidang usahanya, termasuk melakukan franchise secara lokal dengan memberikan kemudahan kepada generasi muda untuk berbisnis. Memang, konsep waralaba sangat cocok diterapkan di Indonesia karena budaya masyarakat yang sejak lama sudah menggeluti dunia wirausaha.

Dengan melakukan wirausaha dengan skema waralaba, pengusaha diuntungkan dengan sistem yang sudah terstandardisasi dan efisien dari segi ekonomi. "Jadi rasanya bisnis waralaba memang bentuk wiraswasta yang amat modern. Dan konsep waralaba juga baik untuk efisiensi ekonomi, standardisasi yang lazim diterapkan dengan konsep franchise membawa skala ekonomi yang menghemat banyak ongkos," lontarnya.

Sementara CEO Airmas Group Basuki Soerodjo juga Ketua Umum BPC Hipmi Jakarta Barat menjelaskan usaha bisnisnya bergerak di toko online bidang Informasi Teknologi yang mayoritas berjualan di LKPP ( Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah). Usaha lainnya juga AyooMall yang memberi kesempatan kepada siapapun yang mau berjualan via online.

Selain itu, ada Ayookopi dengan menjual minuman kopi dengan cita rasa kopi yang khas dan berbeda. "Kami ingin melakukan Francise melalui Ayookopi ini agar tumbuh pengusaha muda baru. Hal ini sesuai dengan komitmen kami menggerakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan kalangan muda menjadi pengusaha penggerak ekonomoi," paparnya.

Pria berkepala plontos mengakui sektor UMKM dan anak muda merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Sebab, sektor ini mampu berkontribusi menggerakan pemberdayaan ekonomi rakyat, mampu menyerap banyak tenaga kerja. Mereka juga mampu bertahan meski dengan keterbatasan permodalan. Anak muda sendiri memiliki semangat kreatif dan inovatif yang perlu mendapat dukungan," tambahnya.

Diakui, potensi dan peluang usaha sebenarnya sangat besar. Sayangnya belum mendapat perhatian khusus. Untuk itu kedepannya, ia berkomitmen untuk membantu UMKM dan kaum muda untuk menjadi pengusaha sukses. "Saya menerbitkan buku kiat sukses jadi pengusaha muda. Jadi isinya kiat-kiat bisnis, nah kalau mau jadi pebisnis ya baca buku saya. Praktis, simple, penuh kiat dan strategi juga tidak bertele-tele. Tujuannya agar mudah dipahami menjadi seorang pebisnis muda," ungkapnya.

Selain itu, sambung dia, Ayookopi juga membuka tangan bagi siapa saja bagi generasi muda untuk melakukan francise. "Kami memberikan tawaran harga paling ekonomis, apalagi jika mau menjadi anggota Hipmi Jakbar pasti ada diskon banyak," lontar pengusaha muda kelahiran Jember Jawa Timur.

CEO Makko Group Christopher Sebastian juga Ketua III Bidang Perdagangan Penindustrian & BUMN BPC Hipmi Jakbar memaparkan bisnisnya dibidang membersikan kaca dan body mobil atau coating. "Kami jamin mobil yang bodinya sudah rusak masuk show room kami pasti kinclong lagi. Kami bersyukur usaha ini bisa maju dan berkemban dengan membuka cabang di beberapa daerah di Indonesia seperti Pematang Siantar, Makassar, Solo, BSD Tangerang dan akan membuka lagi di tahun depan," paparnya.

Pabrikan kaca film premium asal Amerika Serikat, Johnson Laminating & Coating di California menunjuk Makko Group sebagai distributor baru produk kaca filmnya untuk pasar Indonesia. Makko Group menyandang status distributor tunggal produk Johnson Window Film mulai Februari 2018 dan bertanggung jawab penuh terhadap penjualan dan brand Johnson di Indonesia.

Sebelumnya, Makko Group juga menjadi distributor untuk lima merk kaca film, yaitu First Klass, Masterpiece, O2, Blacklist dan Signature serta menjadi distributor resmi karpet First Class. “Kami merasa terhormat telah ditunjuk menjadi distributor Johnson Window Film di Indonesia, yang merupakan pasar penting, strategis dan pangsa ekonomi terbesar di Asia Tenggara,“ kata Christopher Sebastian,

Pihaknya berjanji akan memacu penjualan Johnson Window Film lebih kuat lagi di Indonesia melalui terobosan inovasi dan varian produk yang dijual dengan tetap fokus pada kualitas untuk kenyamanan dan kepuasan konsumen. Kaca film Johnson merupakan salah satu kaca film terlaris di AS karena keandalannya dalam mengontrol cahaya dan panas matahari serta dijual dengan harga terjangkau. "Kami telah menyiapkan strategi pemasaran yang agresif dan membuka beberapa diler baru di berbagai wilayah sebagai ujung tombak penjualan Johnson,“ kata Christopher.

Sementara Valentino Ivan menjelaskan untuk mempercepat pertumbuhan di dalam usaha ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan oleh pengusaha, salah satu strategi di dalam percepatan tersebut adalah strategi franchise. Seperti layaknya sebuah strategi pasti akan ada sesuatu yang positif maupun yang negative, pengusaha harus paham dengan jebakan - jebakan di dalam franchise yang akan menjadi titik balik kejatuhan bukannya pertumbuhan.

"Karena itu kita wajib tahu hal-hal ini sebelum mengalaminya secara langsung yang akan berdampak pada financial suatu usaha," ungkap Valention yang bergerak dibisnis Cafe dengan menyajikan Mie Instan. Café ini mampu menaikkan derajat mie instan dengan menyajikan fasilitas dan suasana yang cozy. Tahun ini What’s Up Cafe menawarkan peluang bisnisnya.

Mengusung tagline "The Next Level of Indomie", Cafe ini menghadirkan menu andalan yang terbuat dari bahan dasar mie instan. Bukan sekedar menyajikan mie instan seperti di warung pada umumnya, What’s Up Cafe meracik sendiri bumbu untuk mie instan dengan berbagai variasi.

Lebih dari itu What’s Up Café juga didirikan bukan sekadar tempat nongkrong, tapi juga sebagai wadah berkreasi anak muda dan komunitas. Cafe ini diluncurkan atas dasar merangkul komunitas anak muda untuk terus berkreasi. Tak hanya itu cafe ini juga mengajak mereka untuk ikut berkontibusi dalam acara-acara yang diadakan oleh What’s Up Café.

Konsep yang diusung What’s Up Cafe adalah tempat fun and young terlihat dari wall-art yang ada dan colorful. Disini juga menyediakan fasilitas lengkap yang dibutuhkan oleh anak muda yang kekinian seperti free Wifi, free games, colokan listrik untuk charger handphone dan live musik.

Adapun menu yang di tawarkan What’s Up Cafe seperti varian Indomie rasa barat Barbeque, Carbonara, Blackpaper dan sebagainya. Dari Asia ada Indomie tomyam. Sedangkan ala Indonesia ada Indomie oseng mercon. Lalu ada berbagai menu minuman yang sudah cukup familiar dan digemari anak muda. Semua disajikan dengan harga yang terjangkau sesuai kantong semua kalangan.

Tak hanya menu mie instan, What’s Up Café menawarkan menu-menu favorit seperti Roti Bakar Greentea Ice Cream, Nasi Oseng Mercon, Mantau Kaya Keju, Choco Monkey, Magic Soda, dan Aneka Mix Yoghurt. Café ini juga memiliki signature dish bernama Uwel-uwel, semacam donat kentang yang dibentuk mirip singkong goreng dan disajikan dengan es krim dan parutan coklat. "Nah untuk membuka franchise bagi pengusaha muda, kami menghadirkan menu baru sate dengan berbagai varian," jelasnya. (end)

 

Tags: HIPMI,

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Perbankan - 20 Juni 2019 16:29:21 wib

Sejak Mei 2019, Nilai Tukar Rupiah Relatif Stabil

Bank Indonesia ( BI) melaporkan, nilai tukar rupiah pada bulan Mei 2019 melemah 0,18 persen secara point to point dibandingkan dengan akhir April 2019.  Perkembangan ini tidak terlepas dari pengaruh eskalasi
Nasional - 20 Juni 2019 15:03:03 wib

Yusril: Kubu 02 Tak Bisa Buktikan Ada Kecurangan Terstruktur

Sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk Pilpres 2019 kembali digelar Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (20/6). Sidang dialnjutkan dengan agenda mendengarkan saksi dan ahli dari pihak termohon
Teknologi - 20 Juni 2019 14:54:37 wib

ViewSonic Persembahkan Monitor Gaming Terbaru

ViewSonic sebagai salah satu produsen solusi visual terkemuka dunia mengumumkan perluasan lini monitor gaming sekaligus mengumumkan sub-brand khusus untuk monitor gaming mereka. ViewSonic ELITE merupakan sub-brand baru
Teknologi - 20 Juni 2019 13:57:35 wib

Juli 2019, WhatsApp Tak Bisa Digunakan di Windows Phone

Aplikasi pesan WhatsApp kemungkinan tidak akan tersedia di Microsoft Store setelah 1 Juli 2019. Pembaruan muncul di halaman FAQ WhatsApp (via OnMSFT) yang mencakup informasi baru tentang Windows Phone. Laman Windows
Otomotif - 20 Juni 2019 13:06:00 wib

Renault Triber Dikenalkan di Indonesia

Maxindo Renault Indonesia memastikan mobil baru Triber bakal diperkenalkan di dalam negeri bulan depan. Indonesia ditunjuk menjadi negara kedua yang mengenalkannya setelah debut global di India dilakukan pada Rabu
Sepakbola - 20 Juni 2019 12:50:17 wib

Copa America, Rekor Buruk Hantui Messi dan Argentina

Timnas Argentina terancam memiliki rapor terburuk di Copa America usai ditahan imbang Paraguay 1-1 di Copa America 2019 pada laga kedua Grup B di Stadion Mineirao, Kamis (20/6). Hasil tersebut membuat La Albiceleste
Gadget - 20 Juni 2019 12:43:05 wib

Xiaomi Pamer Meitu dengan Tiga Kamera Bisa Berputar

Menjelang akhir tahun lalu, Xiaomi resmi mengambil alih bisnis hardware (ponsel) salah satu produsen smartphone lain asal China, Meitu. Hasil dari akuisisi itu kini mulai terlihat. Belakangan Xiaomi rupanya sidah merasa
Makro - 20 Juni 2019 11:10:32 wib

Lelang Sukuk Negara Dilepas Pekan Depan, Berminat?

Pemerintah akan melakukan lelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara pada Selasa (25/6). Seri SBSN yang akan dilelang adalah seri SPN-S (Surat Perbendaharaan Negara-Syariah) dan PBS (Project Based
Sepakbola - 20 Juni 2019 10:52:51 wib

Copa Amerika 2019: Main Imbang, Argentina Juru Kunci Grup B

Argentina kembali gagal mengemas angka sempurna. Kali ini La Albiceleste harus puas bermain imbang 1-1 melawan Paraguay pada lanjutan kedua Grup B Copa Amerika 2019 di Stadion Mineiaro, Belo Horizonte, Brasil, Kamis
Gadget - 20 Juni 2019 10:31:34 wib

Galaxy Fold Siap Meluncur ke Pasar Gadget

Samsung sampai saat ini belum mengonfirmasi tanggal peluncuran Galaxy Fold di pasar. Namun pernyataan Vice President Samsung Display, Kim Seong-cheol, memberikan kabar baik tentang kehadiran smartphone
UKM - 20 Juni 2019 10:14:19 wib

8 Juta UMKM Ditargetkan Melek Internet

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan sebanyak 8 juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melek internet pada 2019. "Sebanyak 8 juta pelaku UMKM itu diharapkan telah berjualan
Teknologi - 20 Juni 2019 10:06:59 wib

Game Pokemon Hadir di Nintendo Switch

Game terbaru Pokemon akan segera hadir di Nintendo Switch. Namun, tidak semua Pokemon akan hadir dalam permainan tersebut. Game bertajuk “Pokemon Sword and Shield” itu akan menjadi game pertama yang tidak
Gadget - 20 Juni 2019 10:01:08 wib

Redmi K20 Pro Klaim Smartphone Terkencang di Dunia

Redmi K20 Pro kini diklaim merupakan smartphone tercepat di dunia. Patokannya ada di skor benchmark AnTuTu yang mencapai 388.803 poin. Skor itu melampaui benchmark yang diraih Xiaomi Mi 9 dengan skor 372.006 poin yang
Asosiasi Lain - 20 Juni 2019 09:26:32 wib

AII: Nilai Bisnis IoT di Indonesia Diprediksi Rp444 Triliun

Asosiasi IoT Indonesia (AII) menilai Potensi bisnis Internet of Things (IoT) sebesar 400 juta perangkat dengan nilai bisnis sebesar Rp444 triliun pada tahun 2022 harus bisa dioptimalkan dengan baik. Karena itu, regulasi
Olahraga Lainnya - 19 Juni 2019 16:37:29 wib

eSports Belum Dapat Lampu Hijau Tampil di Olimpiade

Harapan eSports untuk menjadi cabang olahraga yang memperebutkan medali di arena Olimpiade belum juga mendapat kepastian. Lampu hijau belum diberikan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC). ESports sebenarnya sudah
Nasional - 19 Juni 2019 16:18:53 wib

Hakim Tegur Saksi Prabowo-Sandi & Ancam Usir BW

Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menegur saksi yang dihadirkan tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam sidang lanjutan perkara sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), hari ini. Teguran disampaikan
Sepakbola - 19 Juni 2019 15:38:06 wib

Hadapi Paraguay, Messi Jadi Sosok Kunci di Balik Kemenangan

Nicolas Burdisso yakin Lionel Messi masih bisa membawa timnas Argentina juara di Copa America 2019. Mantan bek timnas Argentina ini merasa, Messi pun akan jadi sosok kunci di balik kesuksesan itu. "Dia adalah
UKM - 19 Juni 2019 14:45:09 wib

2019, 5.000 UMKM Ditargetkan Masuk Markeplace

Kementerian Perindustrian (Kemenprin) menargetkan sebanyak 5.000 usaha mikro, kecil, dan menengah dari berbagai bidang dapat masuk ke plaform digital tahun ini. Namun, diakui mendorong UMKM untuk masuk ke sektor digital
Jakarta - 19 Juni 2019 14:37:46 wib

Gubernur Anies Yakin Pembanguan di Pulau Reklamasi Diberhentikan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meyakini pembangunan di Pulau Reklamasi yang sudah diberhentikan tidak akan diteruskan. "Semula, ada 17 pulau yang tercantum dalam Perda RPJMD dan Perda RTRW. Artinya Pemerintah
Teknologi - 19 Juni 2019 13:18:13 wib

Alice, Pesawat Listrik Hasil Pemikiran Kreatif yang Radikal

Sebuah pesawat listrik yang mampu terbang hingga 650 mil dengan sembilan penumpang melakukan debutnya di Paris Airshow pada Selasa (19/6). Pabriknya menargetkan rute komuter regional seperti ibu kota Prancis ke kota
Gadget - 19 Juni 2019 13:13:07 wib

Huawei Tunda Peluncuran Smartphone Lipat Mate X

Huawei dikabarkan menunda peluncuran smartphone lipat terbarunya, Mate X.  Peluncuran tersebut ditunda selama tiga bulan akibat sanksi yang diberikan Amerika Serikat kepada Huawei beberapa waktu lalu. Amerika
Sepakbola - 19 Juni 2019 11:59:41 wib

James Rodriguez Merapat ke Napoli

Napoli kabarnya di ambang mendapatkan James Rodriguez. Real Madrid, pemilik sang pemain, dikabarkan siap melepas James ke Napoli dalam waktu dekat. Usai masa peminjamannya berakhir di Bayern Muenchen, James enggan
Gadget - 19 Juni 2019 11:06:53 wib

Huawei Nova 5, Ponsel dengan Chipset 7nm

Huawei membuat acara peluncuran besar-besaran pada Jumat, 21 Juni 2019, di Wuhan, Cina. Setidaknya akan ada tiga smartphone dan tablet baru yang diperkenalkan. Seorang eksekutif top Huawei menyatakan kejutan yang
Teknologi - 19 Juni 2019 10:45:21 wib

Tips Aman Pilih Aplikasi Pinjaman Digital

Merebaknya aplikasi pinjaman digital atau aplikasi teknologi finansial (Tekfin) pinjaman antarpihak yang ilegal, membuat sebagian besar warga khawatir terjerat. Keliru meminjam di aplikasi tekfin pinjaman yang ilegal,
UKM - 19 Juni 2019 10:27:54 wib

Pengusaha UMKM Desak Pajak Diturunkan hingga 0 Persen

Para pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) meminta agar pajak bagi pengusaha UMKM bisa diturunkan menjadi 0 (nol) persen. Pajak yang sudah diturunkan 1% menjadi 0,5% tapi dari sisi omzet itu terasa masih
Sepakbola - 19 Juni 2019 09:58:07 wib

Gareth Bale Tolak jadi Pinjaman

Agen Gareth Bale menampik kabar bahwa penyerang Wales itu akan meninggalkan Real Madrid dengan status pinjaman, sekaligus menyatakan Bale hanya bisa meninggalkan timnya saat ini jika ada faktor luar biasa. Bale hanya
Gadget - 19 Juni 2019 09:48:42 wib

Smartphone Baru Sony Dibenamkan 3 Kamera Belakang

Persaingan pasar smartphone saat ini memang dikuasai Samsung, Apple, dan vendor Tiongkok, namun tak memupuskan harapan Sony. Kini, Sony sedang menyiapkan smartphone baru dengan tiga kamera belakang. Dilansir GSM
Makro - 19 Juni 2019 09:13:37 wib

Libra, Mata Uang Kripto Produk Baru Facebook

Facebook merilis buku putih (white paper) tentang mata uang kripto yang diberi nama Libra dan rencananya akan diluncurkan pada paruh pertama 2020. Saat ini, Facebook tengah menguji coba blockchain yang menjadi sistem
Korporat - 18 Juni 2019 18:04:40 wib

Ayooklik Dukung Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 di Banyuwangi

PT Amtek Perkasa Internasional (Ayooklik.com) mendukung penuh kegiatan evaluasi Tahap Pertama  "Gerakan Menuju 100 Smart City 2019" yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).
Nasional - 18 Juni 2019 16:02:49 wib

YLKI: Era Digital, Data Pribadi Rawan Disalahgunakan

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendorong pemerintah untuk segera menyusun Undang-Undang (UU) perlindungan data pribadi. Hal ini guna melindungi data pribadi masyarakat selaku konsumen dari sebuah produk atau