David Christian, Pejuang Lingkungan Berinovasi Lewat Bisnis Kreatif

Yulistyo Pratomo
08 Oktober 2018
Share Via

Sepulang dari sekolah di Kanada, David Christian terkejut mendapati pemandangan yang sangat jauh berbeda tidak lama setelah menginjakkan kaki di Jakarta. Di kota yang menjadi pusat pemerintahan negara Republik Indonesia ini ternyata banyak dipenuhi sampah.

Sampah-sampah bertebaran di mana-mana, entah di jalanan, tanah kosong, bahkan air sungai. Pemandangan ini membuat David bertepuk dada. Pemandangan bersih, minim sampah dan keindahan yang dulu dilihatnya di Kanada kini sudah tidak terlihat lagi.

Salah satu yang membuatnya merasa sangat miris adalah permasalahan sampah plastik. Sampah-sampah inilah yang sangat sulit terurai meski sudah dikubur di dalam tanah, bahak butuh waktu sampai ratusan hingga ribuan tahun untuk bisa menyatu dengan bumi.

"Sampah plastik ini juga mencemari semuanya termasuk air minum kita. 70 Persen sudah tercemar microplastic, termasuk makanan kita, ikan, daging-daging semua itu juga sudah tercemar," jelas David saat berbincang dengan Ayooberita.com di Cocowork, UOB Plaza, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Melihat pemandangan itu, terbesit dalam pikiran David untuk berbuat sesuatu demi melindungi lingkungan hidup dari bahaya plastik. Alhasil, dia pun ngubek-ngubek video-video di internet, buku-buku hingga akhirnya menemukan cara yang dia nilai lebih efektif.

 

 

Ya, David berencana membuat gelas yang terbuat dari jelly atau agar sehingga bisa dimakan selain fungsinya sebagai tempat minuman. Bahan baku yang dipilihnya berasal dari rumput laut.

"Karena Indonesia penghasil rumput laut terbesar di dunia, tetapi penduduk kita banyak yang miskin. Makanya visi misi di Evoware itu, kita ingin bikin bisnis yang bisa menciptakan solusi-solusi untuk masalah plastik tetapi juga membantu petani rumput laut yang ada di Indonesia," terang David.

Setelah melalui beberapa proses percobaan, akhirnya dia pun berhasil memproduksi gelas agar pertama buatannya sendiri yang diberi nama Ello Jello. Namun perjalanan itu masih belum berakhir, dia harus mencari orang yang mau menjual atau membeli produknya itu.

Sampai sekitar Januari 2016, dia bertemu rekannya Edwin yang bersedia membantunya memperkenalkan Ello Jello kepada publik. Peluncuran pertama pun akhirnya dilakukan tiga bulan setelahnya, dan menamakan perusahannya dengan nama Evoware.

Di saat bersamaan, Edwin ternyata juga memiliki produk yang hampir serupa. Namun produk buatannya adalah pembungkus makanan yang bisa dimakan langsung atau mencair ketika disiram air panas.

"Jadi setelah partneran sama kita, ini kita jual ke market untuk yang packaging," kenangnya.

Beranjak dari sana, David memulai kampanye untuk mengubah cara pandang orang agar bisa lebih penduli terhadap lingungan. Rupanya, masih sangat sulit untuk bisa menyadarkan orang agar bisa mengubah kebiasaannya dari menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Sembari mengajak orang peduli dengan lingkungan, dia juga berjuang memperkenalkan produknya yang dipandang unik bagi sebagian besar orang. "Orang yang enggak peduli lingkungan pun mau beli gelasnya, mau coba gelasnya, karena unik gelasnya bisa dimakan jadi mereka mau coba gitu. Dari situ kita bisa kasih tahu mereka 'thank you lho kalian sudah jadi bagian untuk mengurangi gelas plastik," ujar David dengan bangga.

 

 

Selain orang dewasa, David menekankan sosialisasi kepedulian lingkungannya kepada anak-anak sekolah. Sebab, dia yakin anak merupakan masa depan bangsa, jika diberikan pemahaman mengenai arti lingkungan maka selajutnya akan lebih peduli.

Untuk melakukannya, dia menggandeng banyak pihak. Baik pemerintah, swasta maupun organisasi non-pemerintah atau NGO. Dia juga pernah membuat acara di mana seluruh pesertanya diharamkan membawa plastik ke dalam area acara.

Edukasi tidak berhenti pada masyarakat umum, tapi juga para pengusaha seperti yang pernah dilakukan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jakarta Barat. "Kita edukasi ke pengusaha-pengusaha muda di Hipmi, karena mungkin bukan karena mereka enggak mau untuk peduli, tapi mereka karena enggak ngerti aja efeknya apa, dampaknya apa."

Selain sulit menyadarkan orang lain terhadap lingkungan, ternyata kesulitan serupa terjadi ketika dia mulai mencoba memasarkan produknya itu. Apalagi, Evoware merupakan bisnis pertamanya sejak pulang dari Kanada untuk bersekolah.

"Sulit banget sih pastinya karena sebelumnya belum pernah ada bisnis kan, jadi evoware itu bisnis pertama ku. Terus semua belajar sendiri semua, dari kayak ngatur karyawan, atau untuk bikin produknya, untuk produksi, untuk menjual, sharingnya dan segala macam, dan sekarang kayak marketingnya semuanya dari awal kita semuanya belajar sendiri."

Sayangnya, David dan rekannya bukan pemilik modal yang melimpah. Agar mampu bertahan, setidaknya untuk membiayai hidup sehari-hari, dia terus memutar otaknya agar bisa menjual produk-produk miliknya, sekaligus meningkatkan produksi.

"Begitu kita launching sampai sekarang kita sudah banyak orang tahu dari media sosial atau dari media-media lain juga. Tapi untuk kesulitan pasti ada juga, sampai sekarang bagian produksi masih ada kesulitan juga untuk memenuhi orderan," tambahnya.

Setelah Evoware, David kini sedang mengembangkan eCommerce sendiri yang dia beri nama padipadi.com. Sama seperti misinya di Evoware, lini bisnis barunya ini diharapkan menjadi penghubung langsung petani dengan pembelinya secara langsung.

Melalui usaha barunya ini, David berharap bisa mengubah nasib petani untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. PadiPadi sendiri yang berhubungan dengan petaninya secara langsung sekaligus mendorong membantu meningkatkan kualitas produksi.

"Jadi kita bisa bantu banyak petani Indonesia, terutama kita fokusnya di organik dan ecovalue juga, jadi kita ingin bantu sejaterahkan petani di Indonesia lah, karena kita tahu kan kita banyak sumber daya alamnya, petani juga banyak, tetapi masih banyak petani yang masih miskin karena kita di Evoware kita melihat petani banyak yang miskin. Mereka dibayar sangat rendah, kalau kita paling enggak bisa bayar mereka 2-3 kali lipat dari pada yang orang lain bayar. Ini bisnis, tapi tujuannya lebih ke memecahkan masalah dan membantu dari sisi sosial."

 

 

Sejak memulai bisnis, David mengaku telah mengambil banyak pengalaman baik dari segi manajemen waktu hingga sumber daya manusia. Tidak hanya itu, dia juga memiliki kesempatan untuk lebih pandai dalam berbicara dan mengurangi rasa groginya.

Tidak hanya itu, banyak ilmu dan strategi yang dia dapatkan selama menjalankan bisnisnya tersebut, antara lain strategi marketing, strategi bisnis, strategi untuk produksi.

"Banyak banget sih untuk belajar sih, terutama kayak padipadi.co belajar mengenai iculture, banyak juga di situ kayak kopi atau segala macam, gula, beras itu banyak banget belajar," pungkasnya. (TYO)

 

 

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Teknologi - 20 Maret 2019 17:33:28 wib

Slipstream Wireless Technology Janjikan Koneksi Lebih Kuat

Bayangkan jika Anda menggunakan tiga perangkat gaming secara bersamaan. Hal yang paling sering terjadi adalah interferensi sinyal, biasanya berdampak pada terganggunya koneksi dari ketiga perangkat tersebut. Untuk
Hukum - 20 Maret 2019 17:26:42 wib

Suap Kalapas, Suami Artis Inneke Dihukum 3,5 Tahun

Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung menjatuhkan vonis bersalah terhadap terdakwa kasus pemberian suap mantan Kalapas Sukamiskin, Fahmi Darmawansyah, Rabu (20/3). Majelis hakim dalam amar
Teknologi - 20 Maret 2019 17:21:40 wib

Aplikasi Kormo Bantu Pencari Kerja

Aplikasi pencari kerja asal Bangladesh, Kormo resmi hadir di Indonesia. Aplikasi ini hadir untuk menjadi penghubung antara pencari kerja sektor informal dengan penyedia lapangan pekerjaan. "Kami ingin
Otomotif - 20 Maret 2019 17:16:00 wib

Model Y, Mobil Crossover Terbaru Tesla Dirilis

Tesla mencoba-coba beberapa model mobil yang berbeda, salah satunya Model Y. Model Y adalah mobil crossover dan perusahaan telah terus menggoda pembukaannya selama beberapa tahun terakhir. Beberapa spesifikasi mobil
Sepakbola - 20 Maret 2019 17:05:47 wib

Paulo Dybala Dilepas Seharga Rp 1,9 Triliun

Juventus dikabarkan siap melepas Paulo Dybala. Tapi, klub raksasa Italia itu telah menetapkan harga jual yang mahal untuk bintang asal Argentina itu. Musim panas 2018, Juventus mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real
Teknologi - 20 Maret 2019 16:18:17 wib

Olympus Luncurkan Kamera Terbaru Seri OM-D E-M1X

Olympus meluncurkan kamera terbaru seri OM-D E-M1X. Kamera dengan lensa interchangeable yang ringkas dan ringan ini menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang telah memenuhi standar Sistem Micro Four Thirds. Berbasis
Korporat - 20 Maret 2019 14:31:28 wib

Ayooklik.com Semarakkan Indonesia Procurement Forum & Expo 2019

Ayooklik.com ikut menyemarakkan Indonesia Procurement Forum & Expo (IPFE) 2019, yang diselenggarakan di Jogja Expo Center Yogyakarta. IPFE 2019 resmi dibuka pada Selasa (19/03) hingga Kamis (21/03). Event ini
Hukum - 20 Maret 2019 13:59:41 wib

Materai Palsu Beredar, Negara Alami Kerugian Rp 30 Miliar

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya berhasil meringkus jaringan penerbit materai palsu yang diedarkan secara online. Dari hasil ini, sebanyak sembilan orang pelaku diamankan berserta sejumlah barang
Teknologi - 20 Maret 2019 13:13:56 wib

Google Persembahkan Kontroler Gaming Stadia

Google mengumumkan kehadiran platform gaming berbasis cloud miliknya yang diberi nama Stadia. Bersamaan dengan platform ini, Google sekaligus mengungkap kehadiran kontroler gim besutannya. Dikutip dari Polygon, Rabu
Nasional - 20 Maret 2019 12:53:27 wib

Kontak Senjata di Bandara Nduga, 1 Anggota Brimob Gugur

Kontak senjata kembali terjadi antara pasukan Brimob dengan Kelompok Separatis Kriminal Bersenjata (KKSB), Organsiasi Papua Merdeka (OPM), di Bandara Mugi, Kabupaten Nduga, Papua, Rabu (20/3) pagi Akibatnya, satu
Teknologi - 20 Maret 2019 12:13:58 wib

Firefox Send Tawarkan Transfer Data Bisa Sampai 2,5 GB

Perusahaan browser Mozilla Firefox baru saja meluncurkan layanan berbagi file, Firefox Send. Firefox Send resmi meluncur setelah lebih dari setahun melakukan riset dan memiliki beberapa fitur unggulan yang mampu
Ayoo Memilih - 20 Maret 2019 11:34:36 wib

Menko Polhukam Perintahkan Aparat Tindak Tegas Pengganggu Pemilu

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto memerintahkan aparat keamanan untuk menindak tegas siapa pun yang mengganggu pelaksanaan Pemilu 2019. Wiranto menjamin pemilu akan
Teknologi - 20 Maret 2019 11:29:04 wib

Instagram Buka-bukaan Soal Fitur Belanja Online

Pengguna Instagram nantinya bakal bisa langsung berbelanja tanpa mesti meninggalkan aplikasi. Sebab, Instagram akan mengintegrasikan tombol "beli lewat Instagram" untuk langsung melakukan belanja online di
Sepakbola - 20 Maret 2019 10:05:18 wib

PSG dan MU Bersaing Dapatkan Douglas Costa

Klub kaya raya Prancis Paris Saint-Germain (PSG) siap bersaing dengan Manchester United (MU) untuk mendapatkan tanda tangan pemain sayap Juventus, Douglas Costa, pada musim panas mendatang. Costa sudah dikaitkan dengan
Teknologi - 20 Maret 2019 09:59:15 wib

Kriptografi Kuantum Lindungi Data dari Serangan Siber

Kriptografi kuantum (quantum cryptography) berpotensi besar menjadi teknologi penting dalam melindungi data di infrastruktur komunikasi dari serangan siber, serta menjadikan perusahaan berada di posisi terdepan untuk
Gadget - 20 Maret 2019 09:46:34 wib

Vivo Beri Kesempatan Pre-Order V15 Pro di Vivo Store JD.ID

Vivo secara resmi membuka Pre-Order smartphone terbaru Vivo V15 Pro di Indonesia dengan harga resmi Rp5.699.000. Konsumen Indonesia dapat melakukan Pre-Order melalui Official Vivo Store secara eksklusif hanya di
Korporat - 19 Maret 2019 17:49:01 wib

Ayoopeduli.com Bantu Korban Kebakaran di Tamansari

Kebakaran hebat menghanguskan permukiman di Krukut, Tamansari, Jakarta Barat (Jakbar), pada Minggu (17/3) mengisahkan duka yang mendalam bagi penghuninya. Ribuan warga harus mengungsi. Menurut data yang didapat sebanyak
Teknologi - 19 Maret 2019 16:27:04 wib

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik

Kini, laptop gaming lebih banyak diminati karena ukurannya yang relatif kecil dan mudah untuk dibawa kemana-mana, sehingga bisa bermain game dimana saja dan kapan saja. Namun, banyak orang yang masih salah kaprah dan
Gadget - 19 Maret 2019 15:45:40 wib

Samsung Kembangkan Handpone Pintar Layar Penuh

Teknologi terus maju. Inovasi-inovasi terbaru berdatangan demi mengikuti tren dan kebutuhan masyarakat. Kali ini, Samsung Electronics mengungkapkan ide mereka tentang gawai pintar masa depan yang ingin mereka
Jakarta - 19 Maret 2019 15:08:02 wib

Presiden Jokowi dan Menteri Kabinet Kerja Jajal MRT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal Moda Raya Terpadu (MRT) Ratangga pada Selasa (19/3). Selain Jokowi, sejumlah menteri Kabinet Kerja dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut mencoba moda transportasi umum
Nasional - 19 Maret 2019 14:42:37 wib

Banjir Sentani Papua, 89 Orang Meregang Nyawa

Posko Induk Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga Selasa (19/3), total korban meninggal dunia sebanyak 89 orang yaitu 82 korban meninggal akibat banjir bandang di Kabupaten
Sepakbola - 19 Maret 2019 13:37:20 wib

Indra Sjafri Coret 6 Pemain Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri telah mencoret enam pemain dan membawa 24 pemain untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Hanoi, Vietnam, 22-26 Maret 2019. Dari enam pemain yang dicoret, empat
Teknologi - 19 Maret 2019 13:08:14 wib

Apple Pamerkan Dua iPad Terbaru

Sepekan menjelang acara perusahaan, Apple meluncurkan dua iPad baru, Senin (18/3). Apple memperkenalkan iPad Air dan iPad Mini terbaru. iPad Air tampil dengan layar 10,5 inci. Sedangkan iPad Mini mendapatkan peningkatan
Kadin - 19 Maret 2019 12:02:06 wib

Kadin Kepri Bantu Rehabilitasi Rumah Ibadah Korban Gempa Palu

  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyerahkan bantuan tunai Rp 320 juta untuk rehabilitasi dan rekonstruksi sejumlah rumah ibadah di wilayah Kota Palu dan Kabupaten Sigi.
Teknologi - 19 Maret 2019 11:48:11 wib

Kaspersky Lab: 116,5 Juta Serangan Malware Sasar Perangkat Mobile

Kaspersky Lab mencatat ada 116,5 juta serangan malware di perangkat mobile pada tahun 2018. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dibandingkan periode 2017 yang jumlahnya 66,4 juta. Dalam daftar itu, Indonesia menempati
Gadget - 19 Maret 2019 11:18:10 wib

OPPO Rilis ColorOS 6 dengan Berbagai Fitur Baru

OPPO resmi mengenalkan versi terbaru dari platform ponsel cerdasnya  ColorOS 6. User interface itu sudah ada pada Realme 3, OPPO F11 dan Oppo F11 Pro, yang membawa beberapa fitur peningkatan kinerja dan performa
Hukum - 19 Maret 2019 11:10:41 wib

Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak, Sidang Kasus Hoak berlanjut

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak eksepsi atau nota keberatan yang dilayangkan oleh kuasa hukum terdakwa kasus penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet. Dengan penolakan ini, sidang
Sepakbola - 19 Maret 2019 10:25:14 wib

Gareth Bale Ingin Hengkang dari Real Madrid

Gareth Bale disebut berniat untuk pindah dari Real Madrid pada akhir musim, seiring rencana proyek besar yang bakal dijalankan Real Madrid. Setelah Zinedine Zidane kembali, Los Blancos memang disebut bakal melakukan
Politik - 19 Maret 2019 10:22:51 wib

Ini alasan Erwin Aksa pilih dukung Prabowo-Sandi

Wakil sekretaris jenderal Partai Golkar, Erwin Aksa, akhirnya berterus terang menyatakan dukungannya terhadap pasangan capres-cawapres, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Erwin buka-bukaan terkait pilihannya
Politik - 19 Maret 2019 10:20:53 wib

Mengaku Dukung Prabowo-Sandi, Erwin Aksa Nyatakan Non-aktif di Golkar

Kehadiran wakil sekretaris jenderal Partai Golkar, Erwin Aksa, dalam acara debat calon wakil presiden yang berlangsung di Hotel Sultan, Minggu (17/3) kemarin menuai polemik. Tidak sedikit rekan separtai bereaksi keras