Baroto Isman, Bangkrut Tak Menjadi Alasan Untuk Menyerah

Yulistyo Pratomo
09 Januari 2018
Share Via

Menjadi seorang pengusaha tidak selalu berhadapan dengan kesuksesan, kegagalan dan keterpurukan juga merupakan santapan mereka selama menjalankan usaha. Bukan seorang entrepreneur namanya jika mudah menyerah, berusaha dan terus berusaha harus terus terpatri.

Itulah yang dialami Baroto Ario Isman, yang memang sudah bercita-cita menjadi seorang pengusaha sejak menyelesaikan masa sekolahnya. Karena impiannya itu dia dikirimkan ayahnya untuk menuntut ilmu di Amerika Serikat (AS), namun gelar sarjana justru didapatkannya di Inggris.

"Jadi kalau saya itu mau bisnis itu awalnya memang datang dari hati. Waktu itu ayah saya, setelah lulus SMA nanyain masuk ke mana, dunia apa? Saya bilang mau jadi pengusaha, ayah saya langsung meng-iyakan, berarti masuklah sekolah bisnis yang paling bagus," kenangnya saat berbincang dengan Ayooberita.com, pekan lalu.

Baroto berpandangan, menjadi seorang pengusaha berarti memiliki kebebasan waktu dibandingkan menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan. Dengan alasan itu, seusai pulang dari Inggris, dia bersama teman-temannya langsung mendirikan perusahaan bernama PT Satsena Nanggala Sakti.

Setelah melalui proses lobi yang panjang dan melelahkan, perusahaan yang dia dirikan mendapatkan kesempatan sebagai pemasok kebutuhan militer. PT satsena Naggala Sakti ditunjuk sebagai mitra Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Sayang, usaha ini tidak berlangsung lama. Ayahnya, Hayono Isman, berencana untuk maju kembali ke dunia politik dengan menjadi calon legislatif. Mereka pun menggelar rapat keluarga, yang intinya meminta Baroto untuk melepas perusahaannya tersebut.

"Tapi karena sudah bulat Papa mau masuk DPR lagi, saya jual perusahaannya. Padahal saat itu lagi bagus kondisinya tapi karena keputusan keluarga saya jadi hormati lah," kata pria kelahiran 24 Juli 1980 ini.

Setelah menjual perusahaannya, dia mencoba merambah ke bidang minyak dan gas dengan menjadi rekanan PT Pertamina sebagai pemasok gas. Perusahaan yang baru tersebut diberi nama PT Nusam Energy.

Di sinilah dia mulai merasakan persaingan bisnis yang begitu kental dan hasilnya pun tidak selalu sejalan dengan ilmu yang didapatkannya. Bukan untung tapi malah buntung, Baroto terpaksa menutup Nusam setelah dua tahun berdiri.

"Nah di sini saya belajar mulai bisnis, rupanya tidak selalu linear, kesuksesan yang telah lalu itu enggak selalu mengikuti kesuksesan setelahnya. Saya di bisnis oil and gas bener-bener gagal total, hampir bisa dibilang bangkrut malah," ungkap Baroto.

Kerugian yang harus ditanggungnya mencapai Rp 4-5 triliun. Kegagalan itu memberikannya pengalaman berharga, di mana dalam berbisnis tidak hanya bersaing secara bisnis, tetapi upaya pendekatan, lobi dan sebagainya.

Melanjutkan organisasi sang kakek

Gagal merambah ke bidang energi membuat dirinya benar-benar terpuruk. Sebagian besar aset yang dia miliki terpaksa dijual, hingga angka di buku rekeningnya benar-benar tak bernilai sama sekali.

Di tengah keterpurukan itu, dia membuat sebuah keputusan besar untuk memulai kehidupan berumah tangga. Hidup baru ini harus dijalaninya di tengah keterbatasan yang membuatnya harus berpikir keras mencari penghasilan, tetapi tetap menjadi seorang pengusaha.

Meski mendapatkan dukungan dari sang ayah, tapi tidak dengan ibunya, Poppy Puspitasari. Sang ibu justru memiliki pendapat berbeda. Dia meminta Baroto untuk bekerja dengan seseorang sebelum benar-benar mulai membuka usaha kembali. Namun usulan tersebut ditolaknya.

Untuk mengisi waktu sehari-harinya, dia memutuskan bergabung dengan organisasi bernama Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong atau disingkat Kosgoro. Berbeda dengan organisasi yang sama di bawah Partai Golkar, Kosgoro yang diikutinya merupakan lembaga yang independen, lepas dari keterlibatan partai. Organisasi itu dibangun dan dibesarkan oleh kakeknya sendiri, Mas Isman.

Pengalamannya bergabung dengan organisasi selama berkuliah di Inggris sebagai Ketua Persatuan Pelajar Indonesia di London menjadikannya ingin melanjutkan pengalaman itu. Alhasil dia pun bergabung dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), sebelum memutuskan ikut mengurus Kosgoro. Di organisasi itu dia berhasil mendapatkan pengalaman tambahan, pertemanan dan rekan bisnis baru.

"Orang bertanya kenapa enggak di Kosgoro, karena kan bapak Kosgoro, kakek Kosgoro, itu juga sebenarnya cara saya untuk melatih diri di luar zona nyaman. Jadi saya mengenal karakter orang, mengenal relasi dengan orang. Sebenarnya belajar, aktif di organisasi yang tidak ada hubungannya dengan keluarga," aku Baroto.

Setelah beberapa kali terpilih menjadi pengurus Hipmi Jaya, dia memutuskan mengundurkan diri dan fokus terhadap perkembangan perusahaannya. Saat menganggur, dia mulai terpikir untuk meneruskan organisasi yang dibagung oleh kakek dan ayahnya, Kosgoro. Sejak itu ia mulai aktif mengajak rekan-rekannya untuk bergabung.

"Ada yang nangkep itu jadi ajang, dia siapa tahu kalau masuk Golkar, bisa jadi itu kan," beber Baroto.

Melirik sektor properti

Dorongan sang istri untuk mencari penghasilan terus terngiang di telinganya. Namun Baroto tetap kukuh untuk tetap menjadi seorang pengusaha dan tidak bekerja dengan orang lain. Meski kengototan ini berdampak kepada keuangan rumah tangganya.

"Memang dari awal pengennya jiwanya jadi pengusaha tidak terikat, nah tapi dengan itu harusnya udah bisa menerima konsekuensi ada saatnya kita plong kosong, enggak ada di rekening mungkin bisa dicek itu cuma tiga angka doang. Saya ngerasain itu," ujar dia.

Kebakaran yang menimpa kantor Kosgoro membuatnya terpikir untuk merambah bidang baru, yakni properti. Namun, sebelum benar-benar terjun, dia mempelajari terlebih dahulu potensinya, termasuk menelusuri aset-aset milik keluarga yang tersebar di beberapa lokasi.

"Saya pelajari dulu, bagaimana posisi keluarga saya dulu. Saya coba untuk menarik ke belakang dulu, sejarah keluarga. Jadi kakek saya ini dari awal sudah banyak aset lah, di bidang properti, termasuk ada hotel di Surabaya, gedung wisma kosgoro ini dan akhirnya minat saya mulai itu waktu wisma kosgoro terbakar di tahun 2015, eh tahun 2014 kalo enggak salah," terangnya.

Merasa nasih ada peluang besar yang terbuka lebar, dia mulai mencoba mengajak tiga kenalannya untuk bergabung. Namun mereka meminta dicarikan tanah, sayangnya ketika lahan sudah ditemukan, satu per satu temannya itu malah memilih mundur.

Namun Baroto tidak menyerah begitu saja, dia meminta bantuan ayahnya untuk mencari rekanan lain, sisanya dia jalankan sendiri. Tidak hanya itu, pria yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Generasi Muda Kosgoro ini mengajukan aset milik keluarganya untuk membangun kompleks perumahan.

"Setelah saya masuk ke dunia ini, ya memang keuntungannya enggak besar, tapi setelah itu bisa menopang hidup saya dengan istri saya ini," lanjutnya.

Nah, untuk melalui itu semua, dia berpegangan terhadap filosofi perang milik Sun Tzu. Fokus, dan pantang menyerah. (TYO)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Nasional - 19 September 2018 14:34:07 wib

Usai Dilantik, Gubernur/Wagub NTB Diminta Langsung Kerja

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pasangan Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah yang baru dilantiknya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), di Istana Negara, Jakarta,
Hipmi - 19 September 2018 14:16:02 wib

Dukung Pembiayaan Bagi Pelaku Usaha, Hipmi Jaya Gandeng Akseleran

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (Hipmi Jaya) menggandeng Perusahaan financial technology (fintech) PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) untuk menjalin kerja sama strategis. Dengan sinergi
Teknologi - 19 September 2018 14:07:53 wib

Mozilla Luncurkan Firefox Reality

Pengembang browser Mozilla baru-baru ini merilis Firefox Reality, aplikasi perambah web yang menghadirkan pengalaman 3D yang didesain untuk perangkat headsets virtual dan augmented reality. Aplikasi ini mereka
Korporat - 19 September 2018 13:37:18 wib

Ayookopi.com Luncurkan 3 Menu Kekinian Yang Khas Indonesia

Ayookopi.com, sebuah kafe yang terletak di Komplek Ruko Ketapang Indah, Jakarta Barat ini meluncurkan tiga citarasa baru. Dengan tampilan yang lebih segar dan enak dipandang, menu-menu ini diharapkan bisa menarik minat
Nasional - 19 September 2018 12:00:05 wib

BKN Umumkan Situs Pendaftaran CPNS Dibuka Pukul 13.00

Panitia Seleksi CPNS Nasional (Panselnas) akhirnya mengumumkan portal resmi pendaftaran CPNS 2018, https://sscn.bkn.go.id , sudah dapat diakses oleh para pelamar pada hari ini juga, Rabu 19 September 2018 pukul 13,00
Nasional - 19 September 2018 11:52:19 wib

CPNS Resmi Dibuka, Portalnya Malah Tidak Bisa Diakses

Portal sscn.bkn.go.id, yang berisi informasi mengenai penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada Rabu (19/9) pagi pukul 08.40 WIB tak bisa diakses. Saat mencoba mengakses portal tersebut, yang muncul adalah
Jakarta - 19 September 2018 11:47:25 wib

Soal Pendampingnya, Anies Tunggu Keputusan Akhir PKS & Gerindra

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, masih menunggu dua nama calon pengganti Sandiaga Salahuddin Uno yang mengundurkan diri dari jabatan wakil gubernur DKI Jakarta. Dua nama calon wagub DKI merupakan usulan dari
Perdagangan - 19 September 2018 11:24:22 wib

Jack Ma Ramalkan Perang Dagang AS-China Akan Berlangsung 20 Tahun

Perang dagang antara Amerika Serikat dan China akan berlangsung sangat lama. Setidaknya itulah yang diramalkan dari Jack Ma, sang pendiri Alibaba. "Hal itu akan bertahan lama, akan menjadi kekacauan. Tidak hanya
Ayoo Memilih - 19 September 2018 11:09:21 wib

MUI: Warga Jangan Pilih Caleg Eks Koruptor

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau pemilih untuk tidak memilih calon anggota legislatif (caleg) yang pernah terlibat kasus korupsi sekaligus meminta perubahan UU Pemilu agar bisa melarang koruptor jadi
Sehat - 19 September 2018 11:00:12 wib

Peneliti: Berenang di Air Dingin Bisa Redakan Depresi

Hasil penelitian diterbitkan British Medical Journal Case Reports menyatakan berenang di air dingin dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk depresi. Fakta seorang perempuan pasien mereka, yang menderita cemas
Otomotif - 19 September 2018 10:33:52 wib

Ferrari Persembahkan 15 Mobil Baru

Ferrari menyiapkan 15 mobil baru, termasuk kendaraan hibrida, sport utility vehicle (SUV), dan model edisi khusus untuk meningkatkan keuntungan jangka menengah. Dilansir di Reuters, Selasa (18/9) waktu setempat, Ferrari
Nasional - 19 September 2018 10:28:45 wib

Sempat Dikira Narkoba, Ternyata Ini Isi Paket Misterius Dari China

Polisi mengungkap isi paket dari China di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang sempat viral diduga berisi narkoba. Sejak menerima laporan paket misterius, polisi menyelidiki keberadaan paket itu, yang ternyata sudah
Sepakbola - 19 September 2018 10:15:20 wib

Liga Champions, Rekor Hattrick Messi Kalahkan Ronaldo

Rekor hattrick Lionel Messi di Liga Champions mampu mengalahkan Cristiano Ronaldo, rival utama bintang Barcelona itu. Messi saat ini sudah mengoleksi delapan kali trigol untuk Blaugrana di kompetisi elite antarklub di
Kadin - 19 September 2018 09:35:38 wib

Kadin: Optimalkan Kinerja Produk Ekspor Dalam Negeri

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyarankan agar pemerintah mengoptimalkan kinerja produk ekspor dalam negeri, salah satunya dengan memperkuat industri manufaktur. Hal itu diperlukan untuk mencapai
Nasional - 18 September 2018 18:05:39 wib

Presiden Jokowi: Energi Kita Habis untuk Mencela, Sebarkan Hoax

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengkritik sebagian masyarakat yang sering menghabiskan energi untuk hal-hal seperti mencela, mencemooh, mengejek atau menyebarkan hoax, kabar bohong, fitnah di media sosial
Sepakbola - 18 September 2018 17:41:48 wib

Barcelona Berambisi Rebut Juara Liga Champions

Liga Champions menjadi target yang musti diwujudkan penggawa Barcelona musim ini. Trofi si Kuping Besar lolos dari tangkapan Barcelona dalam tiga musim terakhir. Buruknya, Liga Champions selalu dimenangkan oleh Real
Asosiasi Lain - 18 September 2018 17:23:50 wib

AGI: Indonesia Jadi Big Market Industri Game

Ketua Harian Asosiasi Game Indonesia (AGI) Jan Paris Majd menilai Indonesia masih menjadi market terbesar bagi pelaku industri game. Pasalnya, di Indonesia terdapat 44 juta gamers yang merupakan 20% dari total gamers
Bisnis - 18 September 2018 16:46:52 wib

Sisihkan 46 Bandara, Ngurah Rai Jadi Yang Terbaik Di Dunia

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, kembali meraih penghargaan terbaik dunia yang diberikan organisasi kebandarudaraan global (ACI) yang bermarkas di Montreal, Kanada, untuk kategori bandar udara
Politik - 18 September 2018 16:24:59 wib

Kursi Wagub DKI Panas, PKS Minta Gerindra Legowo

Setelah Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, kursi tersebut sampai kini belum diisi kembali. Sejauh ini, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Partai Gerakan
Perdagangan - 18 September 2018 14:32:36 wib

Kemendag Siapkan Strategi Atasi Dampak Perang Dagang AS-China

Kementerian Perdagangan memastikan, pemerintah telah menyiapkan berbagai strategi untuk menghadapi dampak dari perang dagang antara Amerika Serikat dengan China. Dampak utama yang berpotensi besar memasuki Indonesia,
Industri - 18 September 2018 14:19:02 wib

Presiden Jokowi Terbitkan Perpres Demi Cegah Defisit BPJS Kesehatan

Peraturan Presiden atau Perpres yang ditandatangani Presiden Joko Widodo untuk mengatasi defisit yang dialami Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan. Beleid baru ini segera diberlakukan dalam waktu
Hukum - 18 September 2018 14:03:06 wib

2 Pelaku Penebar Hoaks Ricuh Depan MK Kembali Ditangkap

Polisi kembali menangkap dua orang pelaku penyebar berita bohong atau hoax, terkait demo mahasiswa yang ricuh di depan Mahkamah Konstitusi, Jumat lalu, 14 September 2018. Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri,
Kadin - 18 September 2018 12:54:51 wib

Kadin Targetkan Realisasi DHE Capai 40 Persen

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani mengatakan pengusaha mentargetkan realisasi pengembalian devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri bisa mencapai 40 persen. Target 40 persen ini
Sepakbola - 18 September 2018 12:12:04 wib

PSSI: Luis Milla Tetap Pelatih Timnas Indonesia

Luis Milla dipastikan akan tetap melatih timnas Indonesia. Kepastian tersebut didapat lewat rapat Eksekutif Komite (Exco) PSSI bersama Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria di Jakarta, Senin (17/8) malam WIB, yang berlangsung
Migas - 18 September 2018 11:40:57 wib

Harga Minyak Mentah Tertekan Akibat Konflik AS-China

Harga minyak beringsut lebih rendah pada Senin (17/9) karena investor fokus pada memperdalam ketegangan perdagangan antara AS dan China. Ketegangan tersebut diperkirakan akan mengurangi permintaan minyak mentah global,
Balap - 18 September 2018 11:29:06 wib

Rossi Tak Lagi Pikirkan Gelar Juara Dunia

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi mengaku peluangnya untuk menjadi juara dunia MotoGP tahun ini sudah tak ada. Meski demikian, The Doctor ingin memperjuangkan minimal posisi ketiga klasemen sampai akhir
Gadget - 18 September 2018 10:54:00 wib

Ternyata, Konsumen Apple Lebih Suka iPhone XS Max

Sepekan Apple memperkenalkan trio iPhone baru dan Apple Watch Series 4, analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, membuat perkiraan mengenai penjualan produk-produk anyar Apple itu. Menurut Kuo, penjualan iPhone XS Max
Bursa - 18 September 2018 10:25:33 wib

Trump Terapkan Perang Tarif, Wall Street Jatuh

Wall Street memperpanjang tren pelemahan dalam perdagangan awal pekan, Senin kemarin waktu setempat setelah Presiden Amerika Serikat (AS) mengumumkan babak baru tarif bea impor China senilai kurang lebih USD 200 miliar.
Afrika - 18 September 2018 10:20:08 wib

Banjir Bandang di Nigeria Sebabkan 100 Orang Meregang Nyawa

Banjir bandang merendam 10 negara bagian di wilayah tengah dan selatan Nigeria. Badan Penanganan Bencana National Nigeria pada Senin, 17 September 2018, melaporkan jumlah korban tewas akibat musibah ini diperkirakan 100
Sehat - 18 September 2018 10:07:21 wib

Hindari Gula Darah Tinggi Selama Kehamilan

Sebuah studi baru menemukan bahwa wanita dengan gula darah tinggi selama kehamilan mengalami risiko lebih tinggi terkena penyakit diabetes tipe 2 setelah melahirkan. Penemuan tersebut juga mengungkapkan anak-anak