Ahok Masuk Penjara Sampai Trump Akui Yerusalem

Randi Wibawa
29 Desember 2017
Ahok saat tiba di Cipinang. (Antara)
Share Via

Dalam beberapa hari lagi, kita akan mengakhiri tahun 2017 dan menyambut 2018. Begitu banyak fenomena, kejadian hingga peristiwa politik dan ekonomi yang begitu membekas. Mulai dari pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 101 wilayah, sampai dengan meletusnya Gunung Agung yang membuat pariwisata Bali sempat jatuh.

Pilkada serentak menyambut kita di awal tahun, di mana 101 daerah melaksanakan pemilihan kepala daerah. Pilkada serentak ini turut menopang pertumbuhan ekonomi kita yang tercatat naik 5%.

Di antara ratusan Pilkada ang digelar, Pemilihan Gubernur DKI Jakarta paling mendapat sorotan. Peritiwa politik di ibu kota ini diikuti 3 kontestan, antara lain pasangan Agus-Silvi, Ahok-Djarot dan Anies-Sandi.

Pasangan Agus-Silvi harus gugur lebih dulu karena kalah suara dari Ahok dan Anies. Kontestasi menjadi semakin seru di tengah kasus yang dihadapi gubernur incumbent, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Gara-gara itu pula, Ahok harus mengakui kekalahannya atas Anies Baswedan dan merelakan kursi DKI 1 kepada lawannya tersebut.

Pasangan Anies dan Sandiaga Uno akhirnya dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 20 Oktober lalu di Istana Negara.

Tak hanya menelan kalah, Pilkada DKI juga mengantarkan Ahok ke dalam jeruji besi. Tak lain akibat ucapannya di Kepulauan Seribu yang mengutip salah satu ayat suci Alquran. Usai Ahok masuk ke dalam tahanan, Djarot Syaiful Hidayat ditunjuk untuk menggantikannya sebagai Gubernur. Peristiwa ini juga menjadi catatan tersendiri karena Jakarta memiliki 3 gubernur dalam 5 Tahun (Jokowi, Ahok dan Djarot).

Masih dari dunia politik, kasus hukum juga menimpa ketua DPR Setya Novanto dalam dugaan kasus korupsi proyek e-KTP. Namun, butuh waktu yang panjang bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar bisa menyeretnya ke meja hijau. Penetapan tersangka yang pertama dibatalkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam praperadilan.

Namun, gugurnya status tersangka tersebut tak menghentikan KPK untuk menjerat sang Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tersebut. Penyidikan makin didalami, dan hasilnya Novanto kembali menjadi tersangka dan berkasnya langsung diserahkan ke pengadilan. Tapi kubu Novanto tidak tinggal diam, gugatan praperadilan kembali diajukan agar status tersangka kembali gugur.

Rencana KPK untuk menahan Novanto juga tidak berjalan mulus. Sang tersangka sudah terlebih dahulu meninggalkan rumah, alhasil tim penyidik hanya pulang dengan tangan kosong di samping menyita berkas dari kediaman Novanto. Malam keesokan harinya, masyarakat dikejutkan dengan berita kecelakaan yang dialami tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP tersebut di kawasan Permata Hijau.

Drama berlanjut dengan ramainya tagar save tiang listrik, benjol segede bakpao hingga pengakuannya mengalami diare sampai 20 kali di dalam tahanan. Kasusnya juga mulai diadili oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, dimulainya proses peradilan itu juga membuat berkas praperadilan yang diajukannya digugutkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Dari politik dan hukum, kita bergeser ke bidang fiskal dan moneter, tahun 2017 juga sebagai penutup dari Tax Amnesty tahap tiga. Beberapa pihak menganggap tax amnesty ini berhasil walaupun tidak mencapai target tebusan Rp 165 triliun, Direktorat Jenderal Pajak mencatat ada 48.000 wajib pajak yang selama ini tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Pemerintah juga telah menerbitkan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 tentang akses informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan, yang turunannya mengenai saldo perbankan akan diintip oleh ditjen pajak. Terakhir pergantian dirjen pajak dari Ken Dwijugiasteadi ke Robert Pakpahan.

BI merilis pada September 2017, utang luar negeri Indonesia tercatat sebesar USD 343,13 miliar atau setara dengan Rp 4.636 triliun. Posisi utang per September 2017 ini juga naik dibanding awal tahun lalu yang hanya USD 322,90 miliar.

Untuk menunjang sektor infrastruktur yang sedang menjadi prioritas Presiden Jokowi, selain utang pemerintah juga membutuhkan pemasukan dari sektor pajak. Pembangunan infrastruktur antara lain jalan tol yang tidak hanya di Pulau Jawa tapi pembangunan juga di sumatra. Total tol yang telah beroperasi sampai saat ini mencapai lebih dari 1.000 kilometer (km) dan yang diresmikan dan beroperasi sepanjang 2017 adalah 141 km.

Selain jalan tol, proyek pembangunan Trans Papua yang sempat menjadi viral Presiden Jokowi mengendarai motor trail untuk meninjau proyek tersebut. Pembangunan Trans Kalimantan juga sedang dikerjakan.

Dari dunia usaha, para pengusaha menyoroti mengenai dominasinya BUMN dalam proyek-proyek dari skala besar hingga kecil, bahkan yang seharusnya menjadi jatah UMKM.

Hal ini disuarakan melaui Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). Rosan menganggap banyak proyek yang digarap BUMN dan anak usahanya, termasuk pekerjaan-pekerjaan kecil sub kontraktor yang seharusnya menjadi jatah pengusaha swasta dan UMKM.

"Mohon maaf, BUMN ambil banyak porsi swasta dan UMKM. Karena kita tahu, BUMN (pekerjaan) ketering sama pakaian dibikin sama cicit (perusahaan) mereka. Ini kan jatah UMKM," tambah Rosan. Dia juga mengatakan kalangan pengusaha berharap perusahaan BUMN hanya mengerjakan pekerjaan yang menjadi bisnis utamanya, dan tak mengambil jatah perusahaan swasta dan UKM.

Dari sektor kebijakan Pajak, Kadin Indonesia mengusulkan aturan baru dalam hal audit pajak. "Soal perpajakan, kami usulkan salah satunya agar perusahan yang sudah diaudit oleh auditor tersumpah untuk tidak perlu lagi diperiksa auditor pajak," ujar Rosan.

Jaminannya, kata Rosan, perusahaan tidak akan melakukan penyelewengan bersama auditor tersumpah. Kalau sampai ditemukan penyelewengan, maka kesalahan itu akan dibebankan kepada auditor terkait.

"Dengan begitu, perusahaan dan auditor mau kolusi juga takut. Ntar kalau ada apa-apa auditornya yang kena. Menurut kami, itu lebih fair dibandingkan perusahaan yang kena karena auditor bermasalah," ujar Rosan.

Rosan mengklaim usulan itu direspon positif oleh pemerintah. Menteri Keuangan Sri Mulyani, kata dia, akan menindaklanjuti usulan itu bersama Direktur Jenderal Pajak serta asosiasi auditor.

Startup pada tahun 2017 masih didominasi oleh sektor e-commerce dan fintech. kemunculan startup baru tahun ini mengalami penurunan 23 persen, beberapa startup pun tutup atau merubah model bisnis mereka. Namun startup masih menjanjikan, ini terbukti dengan adanya beberapa starup yang mendapatkan pendanaan yang cukup besar.

Indonesia yang merupakan salah satu pasar yang sangat menarik, namun belum dioptimalkan secara maksimal.

Jelang akhir 2017 dunia dikejutkan dengan pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan akan memindahkan Duta Besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem. Pernyataan Trump ini menuai kecaman dari berbagai negara anggota PBB.

Pemungutan suara (voting) di sidang darurat Majelis Umum PBB, Kamis (21/12), mendapati 128 negara menentang langkah Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. hanya 9 negara mendukung langkah Amerika, sementara 35 negara lain abstain.

Itulah kilas balik yang terjadi di tahun 2017. Mari kita bersiap-siap melalui tahun politik, di mana sejumlah partai dan politikus akan memulai persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, di tahun yang sama pula sejumlah daerah bakal melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak, salah satunya Jawa Barat.

Randi Wibawa
Pemimpin Redaksi Ayooberita.com

(TYO)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Ayoo Memilih - 16 November 2018 10:57:45 wib

Mendagri: Belum Ada Kepala Daerah Ajukan Izin Cuti Kampanye

Hampir 2 bulan berjalan masa kampanye Pilpres 2019, belum ada kepala daerah yang mengajukan izin cuti untuk kampanye pilpres kepada Menteri Dalam Negeri. Banyaknya kepala daerah yang mengajukan cuti diprediksi pada awal
Sepakbola - 16 November 2018 10:51:48 wib

Kroasia Ingin Lampiaskan Balas Dendam ke Spanyol

Timnas Kroasia, finalis Piala Dunia Rusia 2018 kini sedang menghadapi masalah berat. Tim asuhan Zlatko Dalic ini akan menghadapi Spanyol, Jumat (16/11/2018), pukul 02.45 WIB dalam lanjutan Liga Nasional Eropa di Stadion
Perbankan - 16 November 2018 10:46:28 wib

BI: Defisit Transaksi Berjalan di Level Aman

Bank Indonesia (BI) mencatat ada kenaikan defisit transaksi berjalan di triwulan III tahun 2018 dari yang sebelumnya US$8,0 miliar menjadi US$8,8 miliar. Bank Indonesia mengatakan bahwa kenaikan defisit transaksi
Makro - 16 November 2018 10:34:55 wib

Menkeu Prediksi Ekonomi Kuartal IV Melambat ke 5,16 Persen

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV 2018 akan berada di level 5,16 persen atau melambat dibandingkan periode yang sama tahun lalu, 5,19 persen. Proyeksi
Jakarta - 16 November 2018 10:18:26 wib

Pembunuh Sekeluarga di Bekasi Ngaku Sering Dimarahi

HS akhirnya mengakui telah menghabisi keluarga Diperum Nainggolan di Bonjong Nangka, Pondok Melati, Bekasi. Penyidik Polda Metro Jaya mengungkap motif pembunuhan terhadap keluarga Diperum Nainggolan dilakukan HS karena
Hukum - 16 November 2018 09:32:02 wib

Keluarga Korban Lion Air JT 610 Gugat Boeing

Salah satu keluarga korban pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat pada akhir bulan lalu mengajukan gugatan terhadap Boeing Co di pengadilan di Chicago, Illinois, AS. Irianto, ayah
Jakarta - 15 November 2018 19:02:01 wib

Pengangguran Pembunuh Satu Keluarga di Bekasi Diringkus

Seorang pria penganguran berinisial HS diringkus polisi karena diduga sebagai pelaku pembunuhan satu keluarga di Bekasi, yang terjadi Selasa (13/11). HS ditangkap di kawasan Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat, saat akan
Perbankan - 15 November 2018 18:06:32 wib

Perbankan Kian Agresif Investasi Teknologi Informasi

Tranformasi digital menjadi alasan perbankan untuk meningkatkan investasi di bidang teknologi informasi. Pemerintah pun meyakini perubahan zaman adalah keniscayaan sehingga perlu secepatnya direspons oleh industri
Jakarta - 15 November 2018 15:44:53 wib

Pemprov DKI Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Pemprov DKI Jakarta menghapuskan denda pajak kendaraan bermotor (PKB) dan sanksi administrasi bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) atau yang dikenal dengan istilah pemutihan. Penghapusan ini mulai berlaku 15
Sehat - 15 November 2018 15:17:09 wib

Ingat, Hirup Polusi Udara Sebabkan Kegemukan

Polusi yang keluar dari asap mobil atau asap pabrik yang kita hirup sehari-hari sangat berbahaya bagi otak dan tubuh. Sudah banyak pembuktian ilmiah yang menunjukkan masyarakat yang tinggal di kota-kota dan terkena
Perbankan - 15 November 2018 14:59:40 wib

Menkeu: Perbankan Harus Melek Teknologi agar Tak Kayak Dinosaurus

Menteri Keuangan Sri Mulyani mendorong para pemimpin perusahaan perbankan untuk memahami perkembangan zaman di era digital. Sebab, sektor keuangan saat ini berada di garis depan untuk bisa menyerap dan mengakomodasi
Otomotif - 15 November 2018 14:45:34 wib

Motor Jawa Resmi Mengaspal di India

Jawa Motorcycles kembali berkiprah dalam bisnis, 22 tahun setelah tidak lagi produksi. Motor Jawa meluncurkan produk baru Jawa 45 berkapasitas 300cc dengan harga Rs 1,55 lakh atau sekitar Rp 31 juta. Ada tiga model yang
Teknologi - 15 November 2018 14:20:38 wib

Google Maps Miliki Fitur Mengirim Pesan

Google mempermudah pemilik usaha untuk mengaktifkan Profil Bisnis pada platform tersebut. Caranya melalui fitur baru di aplikasi peta Maps yaitu berkirim pesan. "Mengirim pesan ke akun bisnis membuat Anda tidak
Bursa - 15 November 2018 13:58:16 wib

2019: Tekanan Global Berkurang, Pasar Modal lebih Bergairah

Kondisi pasar modal Indonesia pada tahun 2019 akan lebih menarik sejalan dengan berkurangnya tekanan dari pasar global. Ada dua faktor yang menyebabkan kondisi pasar finansial dalam negeri akan kondusif. Yakni faktor
Sepakbola - 15 November 2018 13:49:54 wib

MU Terpuruk, Vidic Ingin Kembali

Pemain Gelandang Nemanja Vidic tidak puas dengan performa Manchester United (MU) yang kian terpuruk. Saat ini, Setan Merah, julukan MU, tercecer di papan tengah Liga Inggris. Pria berusia 37 tahun itu tak senang melihat
Teknologi - 15 November 2018 13:44:14 wib

HP Kenalkan Inovasi Baru untuk Pasar Asia Tenggara & Korsel

Perusahaan teknologi asal AS, HP Inc, menggelar kegiatan HP Home Planet 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia untuk memperkenalkan beragam inovasi baru kepada pasar Asia Tenggara dan Korea Selatan. VP President, Product
Balap - 15 November 2018 13:37:02 wib

MotoGP Valencia: Lorenzo Ingin Perpisahan Manis

Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo berharap dirinya bisa memberikan perpisahan yang manis untuk Ducati di seri terakhir MotoGP 2018, Valencia akhir pekan ini. Lorenzo resmi menyudahi kontrak dua tahun bersama Ducati pada
Kadin - 15 November 2018 09:31:51 wib

Kadin: Suku Bunga Pinjaman Tinggi Sulitkan Nelayan

Ketua Penasihat Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri mengingatkan suku bunga pinjaman yang tinggi dapat menyulitkan nelayan mengembangkan usahanya. "Tantangan
Perbankan - 14 November 2018 18:26:01 wib

Ketua Perbanas: Era Digital, Perbankan Penuh Tantangan

Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas), Kartika Wirjoatmodjo menilai perkembangan digitalisasi ekonomi memberikan tantangan bagi dunia perbankan. Maraknya layanan keuangan yang ditawarkan berbagai jasa
Olahraga Lainnya - 14 November 2018 17:50:39 wib

Petarung Bocah Tewas usia Tanding Muay Thai

Seorang bocah petarung Thailand berusia 13 tahun, Phetmongkol Por Peenapat, meninggal dunia setelah menderita pendarahan otak akibat bertanding Muay Thai pada Senin (12/11). Dilansir dari Bangkok Post, Rabu (14/11),
Jakarta - 14 November 2018 16:38:40 wib

Gubernur DKI Dituding Serobot Lahan KAI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah tudingan Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya bahwa pihaknya berselisih dengan PT Kereta Api Indonesia soal lahan di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Di tanah yang dikatakan
Sepakbola - 14 November 2018 16:17:49 wib

Bonaventura Nambah Daftar Panjang Pemain Pesakitan AC Milan

Gelandang tengah AC Milan Giacomo Bonaventura dilaporkan bakal absen selama tiga hingga lima bulan ke depan. Ini menambah daftar pemain pesakitan julukan Rosonerri. Menurut Sky Sport, Rabu (14/11) disadur Football
Sepakbola - 14 November 2018 15:48:54 wib

Indonesia dan Thailand Sama-sama Kalahkan Timor Leste

Timnas Indonesia dan Thailand memang sama-sama memetik kemenangan saat bertemu Timor Leste di Piala AFF 2018. Namun statistik pertandingan menjadi gambaran beratnya tantangan, yang bakal dihadapi Tim Merah Putih di
Hukum - 14 November 2018 15:43:04 wib

KPK Lelang 52 Barang Gratifikasi Secara Online

Kementerian Keuangan, khususnya Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) akan meluncurkan portal lelang online dengan domain lelang.go.id, Kamis (15/11) Di antara barang-barang yang ditampilkan di portal tersebut, ada
Bursa - 14 November 2018 15:05:04 wib

Saham Boeing Jatuh Dampak Lion Air JT 610 Kecelakaan

Saham Boeing Co. BA turun 2,1% setelah investor mencerna laporan Wall Street Journal bahwa produsen pesawat terbang di Amerika ini, diduga menahan informasi tentang potensi bahaya yang terkait dengan fitur kontrol
Sehat - 14 November 2018 14:51:57 wib

Rajin Minum Air Putih Jaga Kesehatan Ginjal

Rajin minum air putih dapat menjaga kesehatan ginjal, dan mencegah terjadinya penyakit batu ginjal.  Air putih punya kontribusi besar terhadap asupan cairan individu seluruh usia. Dengan cukup minum air putih,
Teknologi - 14 November 2018 14:40:31 wib

Spotify Dibenamkan dalam Apple Watch

Platform layanan musik streaming Spotify resmi dibenamkan dalam Apple Watch. Untuk dapat menggunakannya cukup memperbarui aplikasi Spotify di Iphone ke versi v.8.479, dan aplikasi tersebut akan muncul di arloji pintar
Jakarta - 14 November 2018 14:32:29 wib

Warga Jakarta Berharap Tarif MRT di Bawah Rp 10 Ribu

Sejumlah warga DKI Jakarta mengharapkan tarif tiket moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) yang terjangkau. Transportasi yang ditargetkan beroperasi Maret tahun depan diharapkan tarifnya antara Rp 5 ribu hingga Rp
Sepakbola - 14 November 2018 13:44:45 wib

Pogba Ngaku Betah di MU

  Dirumorkan bakal hengkang, nyatanya Paul Pogba bicara sebaliknya. Gelandang Prancis ini mengaku masih betah berseragam Manchester United (MU). “Saat kembali ke MU, itu adalah perasaan terbaik yang pernah
Teknologi - 14 November 2018 10:00:34 wib

Kurangi Stres dengan Batasi Penggunaan Media Sosial

Asyik seharian bermain dengan media sosial di layar gawai mungkin menyenangkan. Media sosial bak candu pelepas penat bagi kebanyakan orang. Namun, sejumlah penelitian mengkorelasikan penggunaan media sosial dengan