Ahok Masuk Penjara Sampai Trump Akui Yerusalem

Randi Wibawa
29 Desember 2017
Share Via

Dalam beberapa hari lagi, kita akan mengakhiri tahun 2017 dan menyambut 2018. Begitu banyak fenomena, kejadian hingga peristiwa politik dan ekonomi yang begitu membekas. Mulai dari pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 101 wilayah, sampai dengan meletusnya Gunung Agung yang membuat pariwisata Bali sempat jatuh.

Pilkada serentak menyambut kita di awal tahun, di mana 101 daerah melaksanakan pemilihan kepala daerah. Pilkada serentak ini turut menopang pertumbuhan ekonomi kita yang tercatat naik 5%.

Di antara ratusan Pilkada ang digelar, Pemilihan Gubernur DKI Jakarta paling mendapat sorotan. Peritiwa politik di ibu kota ini diikuti 3 kontestan, antara lain pasangan Agus-Silvi, Ahok-Djarot dan Anies-Sandi.

Pasangan Agus-Silvi harus gugur lebih dulu karena kalah suara dari Ahok dan Anies. Kontestasi menjadi semakin seru di tengah kasus yang dihadapi gubernur incumbent, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Gara-gara itu pula, Ahok harus mengakui kekalahannya atas Anies Baswedan dan merelakan kursi DKI 1 kepada lawannya tersebut.

Pasangan Anies dan Sandiaga Uno akhirnya dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 20 Oktober lalu di Istana Negara.

Tak hanya menelan kalah, Pilkada DKI juga mengantarkan Ahok ke dalam jeruji besi. Tak lain akibat ucapannya di Kepulauan Seribu yang mengutip salah satu ayat suci Alquran. Usai Ahok masuk ke dalam tahanan, Djarot Syaiful Hidayat ditunjuk untuk menggantikannya sebagai Gubernur. Peristiwa ini juga menjadi catatan tersendiri karena Jakarta memiliki 3 gubernur dalam 5 Tahun (Jokowi, Ahok dan Djarot).

Masih dari dunia politik, kasus hukum juga menimpa ketua DPR Setya Novanto dalam dugaan kasus korupsi proyek e-KTP. Namun, butuh waktu yang panjang bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar bisa menyeretnya ke meja hijau. Penetapan tersangka yang pertama dibatalkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam praperadilan.

Namun, gugurnya status tersangka tersebut tak menghentikan KPK untuk menjerat sang Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tersebut. Penyidikan makin didalami, dan hasilnya Novanto kembali menjadi tersangka dan berkasnya langsung diserahkan ke pengadilan. Tapi kubu Novanto tidak tinggal diam, gugatan praperadilan kembali diajukan agar status tersangka kembali gugur.

Rencana KPK untuk menahan Novanto juga tidak berjalan mulus. Sang tersangka sudah terlebih dahulu meninggalkan rumah, alhasil tim penyidik hanya pulang dengan tangan kosong di samping menyita berkas dari kediaman Novanto. Malam keesokan harinya, masyarakat dikejutkan dengan berita kecelakaan yang dialami tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP tersebut di kawasan Permata Hijau.

Drama berlanjut dengan ramainya tagar save tiang listrik, benjol segede bakpao hingga pengakuannya mengalami diare sampai 20 kali di dalam tahanan. Kasusnya juga mulai diadili oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, dimulainya proses peradilan itu juga membuat berkas praperadilan yang diajukannya digugutkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Dari politik dan hukum, kita bergeser ke bidang fiskal dan moneter, tahun 2017 juga sebagai penutup dari Tax Amnesty tahap tiga. Beberapa pihak menganggap tax amnesty ini berhasil walaupun tidak mencapai target tebusan Rp 165 triliun, Direktorat Jenderal Pajak mencatat ada 48.000 wajib pajak yang selama ini tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Pemerintah juga telah menerbitkan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 tentang akses informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan, yang turunannya mengenai saldo perbankan akan diintip oleh ditjen pajak. Terakhir pergantian dirjen pajak dari Ken Dwijugiasteadi ke Robert Pakpahan.

BI merilis pada September 2017, utang luar negeri Indonesia tercatat sebesar USD 343,13 miliar atau setara dengan Rp 4.636 triliun. Posisi utang per September 2017 ini juga naik dibanding awal tahun lalu yang hanya USD 322,90 miliar.

Untuk menunjang sektor infrastruktur yang sedang menjadi prioritas Presiden Jokowi, selain utang pemerintah juga membutuhkan pemasukan dari sektor pajak. Pembangunan infrastruktur antara lain jalan tol yang tidak hanya di Pulau Jawa tapi pembangunan juga di sumatra. Total tol yang telah beroperasi sampai saat ini mencapai lebih dari 1.000 kilometer (km) dan yang diresmikan dan beroperasi sepanjang 2017 adalah 141 km.

Selain jalan tol, proyek pembangunan Trans Papua yang sempat menjadi viral Presiden Jokowi mengendarai motor trail untuk meninjau proyek tersebut. Pembangunan Trans Kalimantan juga sedang dikerjakan.

Dari dunia usaha, para pengusaha menyoroti mengenai dominasinya BUMN dalam proyek-proyek dari skala besar hingga kecil, bahkan yang seharusnya menjadi jatah UMKM.

Hal ini disuarakan melaui Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). Rosan menganggap banyak proyek yang digarap BUMN dan anak usahanya, termasuk pekerjaan-pekerjaan kecil sub kontraktor yang seharusnya menjadi jatah pengusaha swasta dan UMKM.

"Mohon maaf, BUMN ambil banyak porsi swasta dan UMKM. Karena kita tahu, BUMN (pekerjaan) ketering sama pakaian dibikin sama cicit (perusahaan) mereka. Ini kan jatah UMKM," tambah Rosan. Dia juga mengatakan kalangan pengusaha berharap perusahaan BUMN hanya mengerjakan pekerjaan yang menjadi bisnis utamanya, dan tak mengambil jatah perusahaan swasta dan UKM.

Dari sektor kebijakan Pajak, Kadin Indonesia mengusulkan aturan baru dalam hal audit pajak. "Soal perpajakan, kami usulkan salah satunya agar perusahan yang sudah diaudit oleh auditor tersumpah untuk tidak perlu lagi diperiksa auditor pajak," ujar Rosan.

Jaminannya, kata Rosan, perusahaan tidak akan melakukan penyelewengan bersama auditor tersumpah. Kalau sampai ditemukan penyelewengan, maka kesalahan itu akan dibebankan kepada auditor terkait.

"Dengan begitu, perusahaan dan auditor mau kolusi juga takut. Ntar kalau ada apa-apa auditornya yang kena. Menurut kami, itu lebih fair dibandingkan perusahaan yang kena karena auditor bermasalah," ujar Rosan.

Rosan mengklaim usulan itu direspon positif oleh pemerintah. Menteri Keuangan Sri Mulyani, kata dia, akan menindaklanjuti usulan itu bersama Direktur Jenderal Pajak serta asosiasi auditor.

Startup pada tahun 2017 masih didominasi oleh sektor e-commerce dan fintech. kemunculan startup baru tahun ini mengalami penurunan 23 persen, beberapa startup pun tutup atau merubah model bisnis mereka. Namun startup masih menjanjikan, ini terbukti dengan adanya beberapa starup yang mendapatkan pendanaan yang cukup besar.

Indonesia yang merupakan salah satu pasar yang sangat menarik, namun belum dioptimalkan secara maksimal.

Jelang akhir 2017 dunia dikejutkan dengan pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan akan memindahkan Duta Besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem. Pernyataan Trump ini menuai kecaman dari berbagai negara anggota PBB.

Pemungutan suara (voting) di sidang darurat Majelis Umum PBB, Kamis (21/12), mendapati 128 negara menentang langkah Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. hanya 9 negara mendukung langkah Amerika, sementara 35 negara lain abstain.

Itulah kilas balik yang terjadi di tahun 2017. Mari kita bersiap-siap melalui tahun politik, di mana sejumlah partai dan politikus akan memulai persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, di tahun yang sama pula sejumlah daerah bakal melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak, salah satunya Jawa Barat.

Randi Wibawa
Pemimpin Redaksi Ayooberita.com

(TYO)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Teknologi - 20 Maret 2019 17:33:28 wib

Slipstream Wireless Technology Janjikan Koneksi Lebih Kuat

Bayangkan jika Anda menggunakan tiga perangkat gaming secara bersamaan. Hal yang paling sering terjadi adalah interferensi sinyal, biasanya berdampak pada terganggunya koneksi dari ketiga perangkat tersebut. Untuk
Hukum - 20 Maret 2019 17:26:42 wib

Suap Kalapas, Suami Artis Inneke Dihukum 3,5 Tahun

Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung menjatuhkan vonis bersalah terhadap terdakwa kasus pemberian suap mantan Kalapas Sukamiskin, Fahmi Darmawansyah, Rabu (20/3). Majelis hakim dalam amar
Teknologi - 20 Maret 2019 17:21:40 wib

Aplikasi Kormo Bantu Pencari Kerja

Aplikasi pencari kerja asal Bangladesh, Kormo resmi hadir di Indonesia. Aplikasi ini hadir untuk menjadi penghubung antara pencari kerja sektor informal dengan penyedia lapangan pekerjaan. "Kami ingin
Otomotif - 20 Maret 2019 17:16:00 wib

Model Y, Mobil Crossover Terbaru Tesla Dirilis

Tesla mencoba-coba beberapa model mobil yang berbeda, salah satunya Model Y. Model Y adalah mobil crossover dan perusahaan telah terus menggoda pembukaannya selama beberapa tahun terakhir. Beberapa spesifikasi mobil
Sepakbola - 20 Maret 2019 17:05:47 wib

Paulo Dybala Dilepas Seharga Rp 1,9 Triliun

Juventus dikabarkan siap melepas Paulo Dybala. Tapi, klub raksasa Italia itu telah menetapkan harga jual yang mahal untuk bintang asal Argentina itu. Musim panas 2018, Juventus mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real
Teknologi - 20 Maret 2019 16:18:17 wib

Olympus Luncurkan Kamera Terbaru Seri OM-D E-M1X

Olympus meluncurkan kamera terbaru seri OM-D E-M1X. Kamera dengan lensa interchangeable yang ringkas dan ringan ini menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang telah memenuhi standar Sistem Micro Four Thirds. Berbasis
Korporat - 20 Maret 2019 14:31:28 wib

Ayooklik.com Semarakkan Indonesia Procurement Forum & Expo 2019

Ayooklik.com ikut menyemarakkan Indonesia Procurement Forum & Expo (IPFE) 2019, yang diselenggarakan di Jogja Expo Center Yogyakarta. IPFE 2019 resmi dibuka pada Selasa (19/03) hingga Kamis (21/03). Event ini
Hukum - 20 Maret 2019 13:59:41 wib

Materai Palsu Beredar, Negara Alami Kerugian Rp 30 Miliar

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya berhasil meringkus jaringan penerbit materai palsu yang diedarkan secara online. Dari hasil ini, sebanyak sembilan orang pelaku diamankan berserta sejumlah barang
Teknologi - 20 Maret 2019 13:13:56 wib

Google Persembahkan Kontroler Gaming Stadia

Google mengumumkan kehadiran platform gaming berbasis cloud miliknya yang diberi nama Stadia. Bersamaan dengan platform ini, Google sekaligus mengungkap kehadiran kontroler gim besutannya. Dikutip dari Polygon, Rabu
Nasional - 20 Maret 2019 12:53:27 wib

Kontak Senjata di Bandara Nduga, 1 Anggota Brimob Gugur

Kontak senjata kembali terjadi antara pasukan Brimob dengan Kelompok Separatis Kriminal Bersenjata (KKSB), Organsiasi Papua Merdeka (OPM), di Bandara Mugi, Kabupaten Nduga, Papua, Rabu (20/3) pagi Akibatnya, satu
Teknologi - 20 Maret 2019 12:13:58 wib

Firefox Send Tawarkan Transfer Data Bisa Sampai 2,5 GB

Perusahaan browser Mozilla Firefox baru saja meluncurkan layanan berbagi file, Firefox Send. Firefox Send resmi meluncur setelah lebih dari setahun melakukan riset dan memiliki beberapa fitur unggulan yang mampu
Ayoo Memilih - 20 Maret 2019 11:34:36 wib

Menko Polhukam Perintahkan Aparat Tindak Tegas Pengganggu Pemilu

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto memerintahkan aparat keamanan untuk menindak tegas siapa pun yang mengganggu pelaksanaan Pemilu 2019. Wiranto menjamin pemilu akan
Teknologi - 20 Maret 2019 11:29:04 wib

Instagram Buka-bukaan Soal Fitur Belanja Online

Pengguna Instagram nantinya bakal bisa langsung berbelanja tanpa mesti meninggalkan aplikasi. Sebab, Instagram akan mengintegrasikan tombol "beli lewat Instagram" untuk langsung melakukan belanja online di
Sepakbola - 20 Maret 2019 10:05:18 wib

PSG dan MU Bersaing Dapatkan Douglas Costa

Klub kaya raya Prancis Paris Saint-Germain (PSG) siap bersaing dengan Manchester United (MU) untuk mendapatkan tanda tangan pemain sayap Juventus, Douglas Costa, pada musim panas mendatang. Costa sudah dikaitkan dengan
Teknologi - 20 Maret 2019 09:59:15 wib

Kriptografi Kuantum Lindungi Data dari Serangan Siber

Kriptografi kuantum (quantum cryptography) berpotensi besar menjadi teknologi penting dalam melindungi data di infrastruktur komunikasi dari serangan siber, serta menjadikan perusahaan berada di posisi terdepan untuk
Gadget - 20 Maret 2019 09:46:34 wib

Vivo Beri Kesempatan Pre-Order V15 Pro di Vivo Store JD.ID

Vivo secara resmi membuka Pre-Order smartphone terbaru Vivo V15 Pro di Indonesia dengan harga resmi Rp5.699.000. Konsumen Indonesia dapat melakukan Pre-Order melalui Official Vivo Store secara eksklusif hanya di
Korporat - 19 Maret 2019 17:49:01 wib

Ayoopeduli.com Bantu Korban Kebakaran di Tamansari

Kebakaran hebat menghanguskan permukiman di Krukut, Tamansari, Jakarta Barat (Jakbar), pada Minggu (17/3) mengisahkan duka yang mendalam bagi penghuninya. Ribuan warga harus mengungsi. Menurut data yang didapat sebanyak
Teknologi - 19 Maret 2019 16:27:04 wib

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik

Kini, laptop gaming lebih banyak diminati karena ukurannya yang relatif kecil dan mudah untuk dibawa kemana-mana, sehingga bisa bermain game dimana saja dan kapan saja. Namun, banyak orang yang masih salah kaprah dan
Gadget - 19 Maret 2019 15:45:40 wib

Samsung Kembangkan Handpone Pintar Layar Penuh

Teknologi terus maju. Inovasi-inovasi terbaru berdatangan demi mengikuti tren dan kebutuhan masyarakat. Kali ini, Samsung Electronics mengungkapkan ide mereka tentang gawai pintar masa depan yang ingin mereka
Jakarta - 19 Maret 2019 15:08:02 wib

Presiden Jokowi dan Menteri Kabinet Kerja Jajal MRT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal Moda Raya Terpadu (MRT) Ratangga pada Selasa (19/3). Selain Jokowi, sejumlah menteri Kabinet Kerja dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut mencoba moda transportasi umum
Nasional - 19 Maret 2019 14:42:37 wib

Banjir Sentani Papua, 89 Orang Meregang Nyawa

Posko Induk Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga Selasa (19/3), total korban meninggal dunia sebanyak 89 orang yaitu 82 korban meninggal akibat banjir bandang di Kabupaten
Sepakbola - 19 Maret 2019 13:37:20 wib

Indra Sjafri Coret 6 Pemain Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri telah mencoret enam pemain dan membawa 24 pemain untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Hanoi, Vietnam, 22-26 Maret 2019. Dari enam pemain yang dicoret, empat
Teknologi - 19 Maret 2019 13:08:14 wib

Apple Pamerkan Dua iPad Terbaru

Sepekan menjelang acara perusahaan, Apple meluncurkan dua iPad baru, Senin (18/3). Apple memperkenalkan iPad Air dan iPad Mini terbaru. iPad Air tampil dengan layar 10,5 inci. Sedangkan iPad Mini mendapatkan peningkatan
Kadin - 19 Maret 2019 12:02:06 wib

Kadin Kepri Bantu Rehabilitasi Rumah Ibadah Korban Gempa Palu

  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyerahkan bantuan tunai Rp 320 juta untuk rehabilitasi dan rekonstruksi sejumlah rumah ibadah di wilayah Kota Palu dan Kabupaten Sigi.
Teknologi - 19 Maret 2019 11:48:11 wib

Kaspersky Lab: 116,5 Juta Serangan Malware Sasar Perangkat Mobile

Kaspersky Lab mencatat ada 116,5 juta serangan malware di perangkat mobile pada tahun 2018. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dibandingkan periode 2017 yang jumlahnya 66,4 juta. Dalam daftar itu, Indonesia menempati
Gadget - 19 Maret 2019 11:18:10 wib

OPPO Rilis ColorOS 6 dengan Berbagai Fitur Baru

OPPO resmi mengenalkan versi terbaru dari platform ponsel cerdasnya  ColorOS 6. User interface itu sudah ada pada Realme 3, OPPO F11 dan Oppo F11 Pro, yang membawa beberapa fitur peningkatan kinerja dan performa
Hukum - 19 Maret 2019 11:10:41 wib

Eksepsi Ratna Sarumpaet Ditolak, Sidang Kasus Hoak berlanjut

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak eksepsi atau nota keberatan yang dilayangkan oleh kuasa hukum terdakwa kasus penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet. Dengan penolakan ini, sidang
Sepakbola - 19 Maret 2019 10:25:14 wib

Gareth Bale Ingin Hengkang dari Real Madrid

Gareth Bale disebut berniat untuk pindah dari Real Madrid pada akhir musim, seiring rencana proyek besar yang bakal dijalankan Real Madrid. Setelah Zinedine Zidane kembali, Los Blancos memang disebut bakal melakukan
Politik - 19 Maret 2019 10:22:51 wib

Ini alasan Erwin Aksa pilih dukung Prabowo-Sandi

Wakil sekretaris jenderal Partai Golkar, Erwin Aksa, akhirnya berterus terang menyatakan dukungannya terhadap pasangan capres-cawapres, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Erwin buka-bukaan terkait pilihannya
Politik - 19 Maret 2019 10:20:53 wib

Mengaku Dukung Prabowo-Sandi, Erwin Aksa Nyatakan Non-aktif di Golkar

Kehadiran wakil sekretaris jenderal Partai Golkar, Erwin Aksa, dalam acara debat calon wakil presiden yang berlangsung di Hotel Sultan, Minggu (17/3) kemarin menuai polemik. Tidak sedikit rekan separtai bereaksi keras