Kapolri Perintahkan Brimob Siaga Jelang Pilkada

Kamis, 15 Feb 2018 | 11:34:25 wib

Endy Purwanto
penulis : Endy Purwanto | endy@ayooberita.com

 

Kapolri Perintahkan Brimob Siaga Jelang Pilkada

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan anggota Brimob


Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin upacara pembukaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Korps Brimob Polri di Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (15/2). Tito berharap Brimob untuk lebih bekerja keras di tahun Politik 2018-2019.

"Brimob adalah satu-satunya kekuatan Polri yang memiliki postur kepala militer yang memiliki sejumlah kemampuan dan merupakan alat pemukul utama bagi Polri. Sekali tampil harus berhasil," ujar Tito dalam sambutannya.

"Secara institusional, selaku Kapolri saya sangat membutuhkan dukungan dan jajaran dari jajaran Brimob Polri dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan. Di tahun ini ada cukup banyak agenda yang harus diamankan oleh Polri," sambung dia.

Dilanjutkan, akan banyak tantangan dihadapi Polri dalam 2 tahun ke depan. Karenanya Brimob agar menyiapkan pasukan pengamanan di setiap wilayah. "Di antaranya Pilkada serentak yang sudah dimulai tahapannya tanggal 12 dengan penetapan hasil verifikasi Pasangan calon beberapa waktu yang lalu," jelasnys

Selain itu, lanjut dia, dilanjutkan masa kampanye dan puncaknya adalah pemungutan suara tanggal 27 Juni dilanjutkan dengan tahapan berikutnya penghitungan suara. "Ini akan memerlukan banyak aktivitas kegiatan Polri, dan Polri memegang peran sentral dalam rangka pengamanan pesta demokrasi ini," sambungnya.

Diakui, kekuatan Brimob Polri di seluruh Indonesia mencapai 40.500 personel. Dimana 6.035 personel bagian dari pusat, sementara 34.466 berpencar di seluruh wilayah Indonesia. Khusus Pilkada 2018 yang sudah mulai dalam tahapan penetapan pasangan calon. Tito meminta jajaran Brimob untuk selalu siaga setiap waktu guna memback-up anggota yang sudah ditugaskan.

Menurutnya, kemampuan Brimob dalam melapis akan sangat diperbantukan jika suatu wilayah berpotensi konflik. "Maka kita menggunakan sistem lapis kemampuan back-up. Jajaran Korps Brimob Polri betul-betul saya minta untuk siap siaga sewaktu-waktu digunakan untuk backup di wilayah lain," tegas Tito. (INILAH/END)

Tags:

Kapolri