Pansus Undang Hipmi Secara Khusus Bahas RUU Kewirausahaan

Kamis, 08 Mar 2018 | 13:20:22 wib

Yulistyo Pratomo
penulis : Yulistyo Pratomo | yulistyo@ayooberita.com

 

Pansus Undang Hipmi Secara Khusus Bahas RUU Kewirausahaan

Ichsan Firdaus. (RMOL)


Dalam menciptakan pengusaha-pengusaha baru secara nasional dan tidak kalah dari negara-negara tetangga, Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang (RUU) Kewirausahaan mengajak Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) untuk membahas RUU Kewirausahaan. Para pengusaha yang tergabung di asosiasi tersebut dianggap memiliki posisi penting dalam meningkatkan jumlah pengusaha-pengusaha baru.

"Saya undang secara khusus dari Hipmi untuk membahas secara khusus RUU Kewirausahaan," kata Wakil Ketua Pansus RUU Kewirausahaan, Ichsan Firdaus, saat berbicara di Forum SDP dan Rakernas Hipmi di Hotel Novotel, Tangerang, Banten, Kamis (8/3).

Ichsan mengaku pansus ingin mendengar secara langsung sekaligus bertukar pikiran dengan Hipmi yang merupakan wadah bagi para pengusaha-pengusaha muda maupun pemula. Pandangan itu bisa berupa permintaan pemberian insentif, perpajakan atau plafon kredit.

Terkait plafon kredit, Ichsan yang juga anggota Fraksi Partai Golongan Karya (FPG) ini mengaku mendapatkan pandangan dari salah seorang profesor dari Universitas Gadjah Mada (UGM) soal hak cipta atau hak atas kekayaan intelektual (HAKI) untuk diajukan sebagai jaminan kredit.

"Kalau bisa diterapkan dalam RUU ini rasanya menurut saya Hipmi punya kreativitas yang memiliki HAKI bisa dijadikan jaminan untuk menambah atau memperkuat modal di perusahaan tersebut," tandasnya. (TYO)