Bisnis Digital Indonesia Kini Setara Dengan Empat Operator Selular

Rabu, 14 Mar 2018 | 15:45:41 wib

Yulistyo Pratomo
penulis : Yulistyo Pratomo | yulistyo@ayooberita.com

 

Bisnis Digital Indonesia Kini Setara Dengan Empat Operator Selular

Menkominfo Rudiantara. (istimewa)


Perkembangan bisnis digital sangat pesat sehingga mentransformasi seluruh kehidupan, termasuk ekonomi. Saat ini, perusahaan-perusahaan berbasis digital menjadi primadona dalam kue ekonomi.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan perkembangan bisnis digital sangat besar dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan saat ini market cap perusahaan berbasis digital secara kumulatif mengalahkan perusahaan telekomunikasi.

"Empat unicorn seperti GO-JEK, Traveloka, Bukalapak dan Tokopedia itu kalau digabung tidak kalah dengan market cap empat operator seperti XL, Indosat, Smartfren dan 3 Hutchinson," ujarnya pada acara Indonesia LTE Conference 2018, Rabu (14/3).

Oleh karena itu, Rudiantara bilang pemerintah fokus untuk menatap masa depan. Salah satunya pengembangan ekonomi digital, karena memang arah ekonomi saat ini sudah bergeser dengan semakin majunya teknologi.

"50% waktu saya sebagai menteri itu fokus untuk looking forward jadi tidak boleh jadi bangsa museum yang lihat ke belakang melulu. Kita harus melihat ke depan," lanjut Rudiantara.

Salah satunya adalah mengubah prosedur perizinan menjadi e-registrasi. Sehingga pelaku usaha di bidang digital akan lebih mudah dan tidak terhambat perizinan. Nantinya proses tersebut akan lebih cepat.

"Kominfo tidak meminta start up harus izin, tinggal mereka register saja, isi sendiri dan print sendiri. Paling dua hari sudah dapat sertifikasi registrasinya," kata Rudiantara. (KONTAN/TYO)