UKM Indonesia Dituntut Buat Strategi Serang Pasar Global

Rabu, 07 Mar 2018 | 14:52:19 wib

Endy Purwanto
penulis : Endy Purwanto | endy@ayooberita.com

 

 UKM Indonesia Dituntut Buat Strategi Serang Pasar Global


aksi melakui sistem jaringan internet. E-commerce juga dapat menjangkau pasar yang sangat luas. “Hanya dengan bantuan jangkauan internet, e-commerce dapat menaklukan pasar lebih luas,” kata Handoyo.

Namun, langkah yang harus disiapkan dalam mengembangkan UMKM melalui e-commerce, yakni dengan meningkatkan daya saing, serta untuk mendapatkan peluang ekspor dan peluang bisnis lainnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan IT, dan mengembangkan website.

“Permasalahan UMKM dalam memperluas akses pasar dan menembus pasar ekspor bisa diatasi dengan menggunakan e-commerce. Jangkauan media internet yang sangat luas menjadi peluang bagi UMKM untuk menembus pasar internasional,” tukas dia.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Koperasi Pemuda Indonesia (Kopindo), Pendi Yusuf mengungkapkan bahwa perkembangan UMKM di Indonesia masih dihadapkan pada berbagai persoalan sehingga menyebabkan lemahnya daya saing terhadap produk impor. Antara lain soal keterbatasan infrastruktur dan akses  pemerintah terkait dengan perizinan.

“Meskipun UMKM dikatakan mampu bertahan dari adanya krisis global, namun pada kenyataannya permasalahan-permasalahan yang dihadapi sangat banyak dan lebih berat,” ungkap Pendi. (INDUSTRY/END)

 

 

 

Tags:

UKM